Scroll to Top

Wow, Akta Pendirian Apple Terjual 14 Milyar

By Joko Utomo / Published on Wednesday, 14 Dec 2011

apple kontrakDalam sebuah acara lelang yang diselenggarakan kemarin di kota New York Amerika, sebuah dokumen yang berisi kontrak atau akta sebagai tanda awal berdirinya Apple sukses terjual dengan angka yang cukup spektakuler, yaitu mencapai 1,59 juta dolar atau kurang lebih 14,4 miliar jika dihitung dengan mata uang rupiah.

Eduardo Cisneros, CEO Cisneros Corporation merupakan pemilik baru dokumen bernilai sejarah tersebut.

Sebelum acara lelang dibuka,  Sothebys, rumah penyelenggara lelang, memperkirakan jika barang tersebut akan ditawar dengan harga yang tidak lebih dari 150 ribu dolar saja. Namun kenyataannya harga yang diperoleh terus melambung hingga sepuluh kali lipat.

Seperti yang dirilis oleh Reuters, proses tawar menawar akta pendirian Apple ini memang berlangsung sangat sengit. Ada enam penawar yang saling melakukan penawaran harga dan pertarungan baik melalui sambungan telpon atau secara online lewat internet.

Akta Apple tersebut berisi pernyataan berdirinya Apple Computer. Di situ dijelaskan jika Ronald Wayne yang membuat skema konrak mendapat bagian 10% saham. Sedangkan Steve Jobs mendapat 45%. Demikian pula dengan Steve Wozniak yang juga mendapat 45%.

Namun kontrak yang telah ditandatangani tersebut hanya berumur dalam hitungan hari saja. Ronald Wayne tiba-tiba mengundurkan diri meski Apple baru seumur jagung.

Dengan keputusannya tersebut Ronald Wayne mendapat 800 dan 1.500 dolar sebagai kompensasi atas keluarnya dia dari kontrak. Jika dihitung menurut harga saham saat ini, 10% saham Apple nilainya sama dengan 2 miliar dolar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda