Scroll to Top

4 Cara Menyiasati Gigi Sensitif agar Makan Tetap Nyaman

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 16 Apr 2016

sakit gigi

Punya gigi sensitif cukup mengganggu. Mengonsumsi minuman es bisa menjadi terasa menyiksa. Ketidaknyamanan ini membuat penderitanya enggan untuk makan menu tertentu. Apalagi jika bertemu dengan menu es krim, langsung saja ditolak. Meski begitu ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar gigi sensitif tidak sampai menimbulkan ketidaknyamanan.

Dikutip dari laman Okezone, dari sisi makanan, ada beberapa di antaranya yang harus dihindari. Selengkapnya sebagai berikut tips nyaman punya gigi sensitif:

Jauhi makanan yang sifatnya asam. Makanan seperti ini akan membuat lapisan enamel gigi makin terkikis. Akibatnya banyak lapisan gigi yang terbuka sehingga menjadikannya makin sensitif. Contoh makanan ini adalah acar, jus buah, anggur merah, dan lainnya. Biasanya makanan asam ini menjadikan gigi yang sensitif mendadak nyeri.

Jangan melakukan grinding gigi. Kebiasaan ini juga dapat mengikis enamel. Sebagian orang punya kebiasaan tersebut sewaktu tidur. Jika Anda suka menggrinding gigi tanpa sadar, segera lakukan perawatan ke dokter gigi.

Pakai pasta gigi khusus gigi sensitif. Ini memang solusi pendek agar gigi sensitif tidak nyeri. Namun setidaknya bisa mengurangi ketidaknyamanan saat mengonsumsi makanan atau minuman. Bahan alami dalam pasta gigi tersebut mampu menggantikan sementara enamel gigi yang terkikis.

Jauhi kafein. Pemilik gigi sensitif juga mesti menghindari minuman berkafein seperti kopi atau susu. Selain itu perlu juga menjauhi alkohol dan merokok.

Komentar Anda