Scroll to Top

Bagus Tidak, Pakai Oli Mobil untuk Motor Skutik?

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 19 Apr 2016

knalpot motor

Sebagian orang yang memiliki motor skutik ada yang menggunakan oli mobil sebagai pelumas di motor kendaraan mereka.Konon hal tersebut dilakukan lantaran oli mobil mempunyai spesifikai yang lebih tinggi. Pertanyaannya yaitu apakah cara seperti ini direkomendasikan? Pasalnya, bisa saja penggunaan oli yang tidak tepat peruntukannya justru membuat mesin bermasalah.

Ternyata, menggunakan oli mobil untuk skutik tidak mengapa. Menurut Shofwatuzzaki dari Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia mengungkapkan, perilaku tersebut tidak menimbulkan kerusakan secara langsung pada motor skutik. Namun yang perlu dipertimbangkan adalah dari sisi ekonomisnya. Oli mobil yang dipakai di skutik justru banyak manfaat terbuang percuma.

“Pakai oli mobil sebenarnya tidak ada masalah, tidak ada yang melarang juga kecuali pembuat mesin. Tapi kalau beli oli mahal tapi manfaatnya sedikit di motor skutik kan sayang. Di oli skutik ada pengetesan frictionnya,” ujar Shofwatuzzaki, sepeti dikutip laman Detik Oto.

Shofwatuzzaki tetap merekomendasikan bagi pemilik skutik untuk menggunakan oli mesin sesuai dengan tipe motornya. Saat oli tidak sesuai peruntukannya pada mesin maka memilikipengaruh pada kenyamanan dan performanya. Oli yang dibuat untuk otor skutik biasanya didesain memiliki frik rendah untuk menunjang kenyamanan saat berkendara.

“Orang kalau bawa mobil, oli tidak perform tidak terasa karena pistonnya banyak. Mesin sama orang juga terpisah. Kalau mesin motor kan tepat di bawah tempat duduk kita. Kalau tenaga kurang, ikut ngeden. Kalau putaran kurang kencang juga bikin pegal. Oli motor skutik kan dbuat friksinya rendah supaya orang enjoy,” tutur Shofwatuzzaki.

Komentar Anda