Scroll to Top

Hari Bumi 2016 di Google Hari Ini Tampilkan Lima Doodle Istimewa

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 22 Apr 2016

Hari Bumi 2016 di Google Hari Ini Tampilkan Lima Doodle Istimewa 4

Peringatan Hari Bumi 2016 di Google hari pada Jumat, 22 April menampilkan lima doodle istimewa oleh Sophie Diao. Lima doodle tersebut adalah animasi lima bioma yang menampilkan hewan-hewan yang semakin terancam punah. Google mengajak kita kembali merenungi betapa luar biasa dan indahnya planet yang kita tinggali.

Jika Anda mengunjungi Google doodle hari ini, akan ada tampilan menarik. Sophie Diao memilih lima animasi bioma yang dipasangkan dengan binatang yang menjadi ‘ikon’ bioma tersebut. Yaitu, tundra di kutub dengan beruang kutub, hutan dengan serigala merah, padang rumput dengan gajah, padang pasir dengan kura-kura, dan samudera dengan gurita dan batu karang.

Hari Bumi 2016 di Google Hari Ini Tampilkan Lima Doodle Istimewa 3

Hari Bumi 2016 di Google Hari Ini Tampilkan Lima Doodle Istimewa 2

Setiap kali kita berkunjung ke halaman utama Google, akan ada satu animasi bioma. Namun jika kita mendatangi Google sekali lagi, akan ada empat animasi bioma lain yang menghibur. Inilah cara Google merayakan Hari Bumi yang dalam sejarah sudah diperingati sejak 1969, atas cetusan aktivis perdamaian, John McConnell.

Setahun berikutnya, Hari Bumi ditetapkan oleh senator Amerika Serikat, Garylord Nelson. Dan semakin tahun berjalan, ketika kerakusan manusia mengeruk sumber daya alam semakin besar, kesadaran kita untuk menjaga planet bumi dari kemusnahan pun semakin meningkat. Sejak 1969, dalam rentang 46 tahun, peringatan Hari Bumi sudah menyebar hingga hampir ke 200 negara. Jutaan orang telah berpartisipasi dalam peringatan Hari Bumi ini.

Hari Bumi 2016 di Google Hari Ini Tampilkan Lima Doodle Istimewa 1

Hari Bumi 2016 di Google Hari Ini Tampilkan Lima Doodle Istimewa 7

Untuk Hari Bumi tahun ini, gagasan yang dicetuskan adalah, mengajak umat manusia untuk menanam 7,8 miliar pohon. Juga ajakan agar mengubah semua yang ada di kota yang kita tinggali 100 persen dapat didaurulang kembali. Tema yang dipilih adalah ‘Trees for The Earth’.

Sophie Diao mengungkapkan, “Planet kita mungkin tidak selalu ramah untuk makhluk yang meninggalinya. Namun entah bagaimana flora dan fauna di bumi senantiasa berhasil berkembang. Di hari seperti ini, kita diajak mengingat dan merayakan rumah kita, di ekosistem besar dan menakjubkan ini.”

Komentar Anda