Scroll to Top

Proyek Majel, Teknologi Dari Google Untuk Menyaingi Siri

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 14 Dec 2011

Tidak dapat disangkal, Siri, fitur asisten pribadi dari iPhone 4S besutan Apple menjadi komoditi jualan utama Apple sekarang ini, semua penduduk dunia maya berlomba-lomba mencari tahu apa saja kelebihan dari Siri ini, dan tentu saja hal ini membuat Apple selangkah lebih unggul di ranah mobile, maka dari itu, pesaingnya harus berpikir keras bagaimana agar bisa menyaingi kehebatan Siri dengan membuat sejenis Siri tentunya. Salah satunya adalah Google, raksasa internet ini akan meluncurkan update dari fitur Android Voice Actions miliknya, dimana nantinya fitur tersebut akan memiliki kecerdasan dialog layaknya Siri.

Project Majel

Ini artinya, AVA akan merespon lebih baik terhadap perintah-perintah yang berbentuk bahasa sehari-hari. Dengan diberi nama proyek Majel, fitur ini akan mampu bertindak seperti Siri, meski masih dibatas pada kueri pencarian di Google, tapi tentunya nanti diperluas seperti ke pengaturan sistem Android anda dan pengaturan aplikasi pihak ketiga. Google berencana untuk merilis ke publik akhir tahun ini, namun rasanya kemungkinan besar awal 2012 nanti.

Hal ini merupakan sesuatu yang sudah bisa diperkirakan sebelumnya jika Google mengembangkan sebuah saingan untuk Siri, tentu Google tidak mau kalah, selain karena faktor tidak mau kehilangan pasar, tapi harus diakui, proses ini tidaklah mudah, teknologi Siri bukanlah hal yang bisa ditiru dengan cepat, apalagi teknologi Siri memiliki keterkaitan dengan DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) milik AS dan hasil dari riset selama 40 tahun, lagipula Siri dikembangkan secara terpisah sebagai aplikasi pihak ketiga sebelum Apple membeli hak pengembangannya 2010 lalu, setelah dibeli, selama satu setengah tahun Apple memolesnya agar siap dirilis ke publik.

Intinya, jika Google baru berusaha untuk membuat fitur semacam Siri, tim dari Apple sudah mengerjakan tahap yang lebih baik untuk Siri. Namun tentunya, kebesaran Google diperkirakan mampu membuat fitur semacam ini, apalagi Google memang sudah memiliki teknologi pengenalan suara miliknya. Bagaimana? Apakah Majel saat dirilis nanti mampu untuk menyaingi Siri di ranah asisten pribadi? (via Geek)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda