Scroll to Top

Sebuah Desa di India Berganti Nama Dot Com

By lelynoor / Published on Monday, 20 Jun 2011

Sebuah desa di India telah memutuskan mengganti namanya menjadi Snapdeal.com Nagar. Nagar sendiri berarti kota. Snapdeal.com telah berubah menjadi sebuah perusahaan pengumpul kupon online yang mampu mengumpulkan dana investasi Rp 100 milyar dan mengungguli Groupon di India untuk ruang e-commerce lokal.

Lalu apa yang membuatnya menarik? Hal seperti ini sebenarnya bukan pertama kalinya terjadi (sebagian besar untuk alasan publisitas), tapi cerita di balik itu saya pikir adalah unik dan layak untuk dibagikan.

Snapdeal pada awalnya memilih sebuah desa terpencil di India. Di situ lalu dibangun fasilitas air minum bersih bagi penduduk desa dengan menginstal pompa manual. Sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka, penduduk desa akhirnya memutuskan untuk mengganti nama desa mereka menjadi Snapdeal.com Nagar, benar-benar sebuah perusahaan yang berdiri dengan penuh kejutan.

CEO Snapdeal.com Kunal Bahl mengatakan bahwa tujuannya tersebut tidak lain adalah untuk membangun sebuah organisasi yang bertanggung jawab secara sosial. Keputusannya untuk menyediakan air minum bersih bagi warga desa bermula dari percakapannya dengan salah satu dari 500 karyawan di sebuah lorong.

Karyawan tersebut menjelaskan bahwa keluarganya tinggal di dekat sebuah kluster pedesaan di mana warga setempat harus berjalan lebih dari satu kilometer setiap harinya dan mengantri agar bisa mendapatkan air bersih.  Bahl lalu berpikir bahwa mereka seharusnya melakukan penelitian jika mereka tidak mampu memecahkan permasalahannya dengan mudah dan dengan biaya yang efektif.

Bahl menjelaskan kembali tentang apa yang terjadi berikutnya:

Jujur kami ​​melakukan sesuatu yang sangat sederhana –bahkan tidak membutuhkan biaya yang banyak—yakni dengan menginstal 15 pompa tangan sehingga sekarang memungkinkan tersedianya air bersih dalam jarak 50 meter untuk semua warga desa.
Kita harus menghabiskan dana sejumlah 43 juta untuk merealisasikan hal ini. Namun hasilnya benar-benar  mengagumkan sebab 15 pompa tangan tersebut akan menyediakan air bersih bagi warga desa untuk 15-20 tahun ke depan!

Mengenai keputusan penduduk desa mengganti nama desanya menjadi Snapdeal.com Nagar, Bahl menjelaskan bahwa hal itu tidak sekedar bentuk penghargaan dari warga. Tetapi juga semacam unjuk rasa mereka dalam menentang pemerintahan lokal dan administrasi karena kurangnya kepedulian dan kompetensi pemerintah terhadap warga.

Bahl juga menjelaskan bahwa dirinya bersama Snapdeal.com akan melakukan lebih banyak hal lagi selama beberapa tahun ke depan bagi warga desa di sini. Di antaranya adalah meningkatkan ketersediaan fasilitas di sekolah lokal dan rumah sakit.

Perusahaan kita tumbuh sangat cepat, namun masih dikatakan relatif untuk mampu menuju ke sana, saat ini dengan 500 orang karyawan.
Ada 640.000 perusahaan yang didirikan di India, banyak dari mereka yang jauh lebih besar dari kita. Bahkan dengan asumsi 10% memiliki sumber daya untuk melakukan apa saja (dan Rp. 43 juta sebenarnya tidaklah terlalu banyak), kita dapat memecahkan masalah air untuk 64.000 desa dan jutaan orang di India. Sesuatu yang layak untuk dipikirkan.

via Techcrunch

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda