Scroll to Top

Demi “Green Travel”, Thai Airways Operasikan Pesawat Komersial Ramah Lingkungan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 15 Dec 2011

Thai Airways

Untuk pertama kalinya di Asia, pesawat komersil berbahan bakar biofuel akan resmi dioperasikan. Adalah Thai Airways yang menjadi pelopornya, meski Air China sudah melakukan tahap uji coba Oktober lalu. Maskapai asal Thailand ini berencana menerbangkan pesawat ramah lingkungan pada 22 Desember 2011 dengan nomor penerbangan TG104. Pesawat tersebut akan menjelajah dari Bangkok menuju Chiang Mai.

Langkah ini sebagai upaya mengurangi emisi karbondioksida dari transportasi udara. Biofuel yang dipakai berbahan dasar dari pati dan lemak hewan. Pati akan menghasilkan biotanol dan lemak hewan diubah menjadi biodiesel.

“Dengan potensi mengurangi jejak karbon penerbangan hingga 80 persen selama siklus hidup bahan bakar, biofuel berkelanjutan memiliki potensi untuk menjadi game-changer. Hanya saja masih mahal dan pasokan terbatas. Dengan kata lain, kita perlu mengkomersialkan mereka,” kata Tony Tyler, direktur umum Asosiasi Transportasi Udara Internasional, seperti dikutip CNN Go.

Thai Airways juga berencana menggunakan keuntungan penerbangan komersialnya ini untuk membiayai penelitian sebuah organisasi yang konsen dalam pengembangan energi alternatif. Maskapai tersebut punya komitmen untuk menggulirkan program “Perjalanan Hijau” demi menyelamatkan lingkungan dari pemasanan global dan emisi karbon.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda