Scroll to Top

Menyemangati Ayah Yang Sakit, Pemain Espanyol Didenda 300 Euro

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 15 Dec 2011

RFEF kembali menerapkan sanksi tegas kepada siapa pun yang berusaha membawa pesan-pesan di luar sepakbola ke tengah lapangan. Kali ini korbannya adalah penyerang Espanyol, Sergio Garcia.

Sergio Garcia

Niat Sergio Garcia sebenarnya mulia. Ia ingin menyemangati sang ayah yang terbaring lemah di rumah sakit karena penyakit serius. Maka, dalam laga menghadapi Atletico Madrid, Sergio Garcia tak kuasa lagi menahan upaya mendukung sang ayah.

Pada pertandingan itu, Espanyol mampu menumbangkan Atletico yang merupakan klub terkaya ketiga di Liga Spanyol dengan skor 4-2. Sergio Garcia yang mencetak gol keempat Espanyol di menit 54, segera berlari ke bangku cadangan.

Seorang ofisial tim memberinya kaus bernomor 9 —sama seperti kostumnya– yang bertuliskan “Ánimo suegro” (Tegarlah Ayah)!

Meskipun aksi ini adalah bukti dedikasi sang penyerang kepada ayahnya, RFEF tak bisa mengelak dari peraturan. Tindakan Sergio Garcia melanggar pasal 112 peraturan RFEF.

Namun, ia tidak dikenai denda. Yang akan membayar penalti 300 Euro adalah ofisial tim yang memberikan kaus tadi kepada Sergio Garcia.

RFEF sendiri, dalam sejarahnya, memang begitu serius terhadap isu-isu non sepakbola yang dibawa ke tengah lapangan. Kita tentu mengingat ketika Frederic Kanoute dihukum karena memamerkan pesan dukungan terhadap Palestina.

Hukuman terhadap Sergio Garcia ini juga sekaligus mengakhiri polemik yang muncul dari penggemar muslim La Liga yang terlalu sensitif. Mereka sempat mengira RFEF melakukan diskiriminasi terhadap agama tertentu.

Namun, dengan menghukum ofisial tim yang memfasilitasi seorang anak yang ingin mendukung ayahnya, RFEF menunjukkan keadilan ditegakkan kepada siapa pun tanpa kecuali. Bahkan meski dari sisi kemanusiawian, tindakan RFEF bisa disebut agak keterlaluan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda