Scroll to Top

Hasil Piala Eropa U-21 Grup B: Inggris 1-2 Rep. Ceko

By Wan Faizal / Published on Monday, 20 Jun 2011

Mimpi para anak muda Inggris yang tergabung dalam skuad Inggris U-21 untuk menjuarai turnamen Piala Eropa U-21 harus kandas lebih dini di babak penyisihan grup. Ini tak lepas dari kekalahan 2-1 yang mereka derita dari Republik Ceko U-21, Senin (20/6) dinihari.

Sadar hanya kemenangan yang bisa menyelamatkan nasib masing-masing, Inggris dan Ceko bermain menyerang sejak pertandingan dimulai. Inggris yang turun dengan duet andalan di lini depan, Danny Welbeck dan Daniel Sturridge, beberapa kali coba mengancam pertahanan  Ceko.

Pendukung Inggris sempat ketar-ketir ketika Ceko mendapat peluang emas di mulut gawang Inggris. Sepakan keras Lukas Marecek mengarah tepat ke gawang Inggris. Beruntung, Frank Fielding memiliki respon yang cepat untuk menepis bola.

Berikutnya Inggris mendapat dua peluang untuk mencetak gol. Pertama dari tendangan Tom Cleverley yang masih menyamping. Selanjutnya sebuah aksi dari Scott Sinclair, dimana tembakan kerasnya masih mampu ditepis kiper Ceko, Tomas Vaclik.

Di babak kedua, pelatih Inggris, Stuart Pearce mencoba merubah gaya permainan anak asuhnya. Ia memasukkan Henri Lansbury untuk menggantikan Jordan Henderson yang memang tampil tak maksimal. Perubahan yang dilakukan Pearce cukup manjur. Inggris akhirnya mampu leading 1-0 berkat gol Welbeck menit 76.

Ketika kemenangan seolah-olah sudah menjadi milik mereka, skuad muda Inggris terlena dan menjadi kurang fokus. Dan itu harus dibayar mahal dengan lahirnya dua gol dari Ceko yang masing-masing dicetak oleh Jan Chramosta menit 89 dan Tomas Pekhart menit 94.

Dengan hasil ini, The Young Lions gagal melanjutkan kiprahnya di turnamen dua tahunan itu. Mereka hanya mampu berada di posisi ketiga klasemen akhir Grup B.

Susunan pemain:

Inggris U-21: Fielding, Walker, Smalling, Jones, Bertrand, Muamba, Henderson (Lansbury 64’), Cleverley (Albrighton 76’), Sinclair (Rose 87’), Sturridge, Welbeck

Rep. Ceko U-21: Vaclik, Celutska, Suchy, Mazuch, Lecjaks, Dockal, Gecov, Marecek, Moravek (Chramosta 83’), Kovarik (Cerny 68’), Kozak (Pekhart 84’)

[youtube feYq2XqsvBE]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda