Scroll to Top

KFC Gelar Beasiswa Modal ‘Jempol’

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 15 Dec 2011

Beasiswa Modal Jempol

Umumnya beasiswa diberikan kepada pelajar serta mahasiswa yang memiliki prestasi mengagumkan atau memiliki karya ilmiah. Persyaratannya pun juga tidak mudah. Justru cenderung rumit, terbatas, sangat akademis, dan yang paling akut: sangat birokrasi. Apakah Anda pernah membayangkan untuk mendapatkan beasiswa hanya dengan ‘bermodal jempol’?

Seorang pelajar di California, Amerika Serikat berhasil memeroleh beasiswa dari Kentucky Fried Chicken hanya dengan ‘bermodal jempol’. Bagaimana maksudnya?

Beasiswa dari KFC ini memang unik. KFC Foundation sejatinya memulai program ini sejak tahun lalu. Dan untuk tahun ini kegiatan tersebut kembali digelar. Dikatakan dengan bermodal jempol sebab para peserta hanya berkompetisi melalui Twitter. Ya, hanya dengan sebuah tweet. Satu tweet saja. Tak kurang 140 karakter. Dengan dua buah jempol kita dapat melakukannya dengan mudah. Laiknya mengirim sebuah SMS.

Jumlah pelamar pun membludak. Tercatat 2.800 siswa siap untuk memerebutkan beasiswa ini. Apabila KFC Foundation meminta posting teks tersebut hanya sebatas teks di tahun lalu, untuk tahun ini, 2011, mereka ingin ditambahkan sebuah foto atau gambar. Syarat serta temanya pun tak sulit. Hanya tuliskan perguruan tinggi impian dan mengapa ingin bersekolah di tempat tersebut beserta foto atau gambar perguruan tinggi itu.

“Dengan syarat tersebut tentunya bukan sesuatu yang sulit bagi para pelajar. Aktivitas ini tentu saja telah sering mereka lakukan di media sosial. Dan ini menjadi keuntungan bagi promosi KFC. Sebab, selain memostingnya ke Twitter, pelajar wajib memosting kembali tweet mereka ke akun Facebook serta blog yang dimiliki,” tegas Rick Maynard, Public Relations Manager KFC kepada CNN seperti dikutip SidomiNews.

Dengan syarat yang sangat-sangat mudah itu, lantas seberapa besar beasiswa yang akan mereka terima?

Tak tanggung-tanggung. KFC Foundation akan menggelontorkan dana hingga USD 5.000 per bulan pada pelajar yang beruntung serta bersekolah gratis di unviersitas pilihannya hingga lulus. Wow, benar-benar beasiswa yang menyenangkan!.

Meski banyak peminat, beasiswa dari KFC Foundation ini mendapat kecaman. Ini murni sebagai beasiswa atau hanya sekadar promosi belaka. “Saya pernah melihat program beasiswa yang pemenangnya ditentukan dari menendang bola dalam SEC Championship Game. Apakah itu lebih baik atau lebih buruk dari beasiswa ini? Beasiswa ini lebih menitikberatkan pada penawaran produk, bukan kualitas pelamar!” tegas Sree Sreenivasan, profesor digital media Columbia Journalism School.

Apapun kontroversi itu, KFC Foundation tetap melenggang jaya dan berharap dapat mengadakan program ini pada tahun depan. Rencananya seleksi beasiswa di 2012 nanti tidak hanya melibatkan warga California saja, namun seluruh dunia. Untuk beasiswa tahun ini, pemenangnya telah diumumkan pada 15 Desember, atau hari ini.

Anda tertarik mengikuti beasiswa dengan modal jempol? Well mari kita tunggu janji KFC Foundation tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda