Scroll to Top

Hasil Piala Eropa U-21 Grup B: Ukraina 0-3 Spanyol

By Wan Faizal / Published on Monday, 20 Jun 2011

Spanyol akhirnya berhasil memastikan diri lolos ke semifinal setelah mampu mengalahkan Ukraina tiga gol tanpa balas pada pertandingan terakhir penyisihan Grup B Piala Eropa U-21, Senin (20/6) dinihari.

Skuad muda Spanyol sebenarnya hanya membutuhkan hasil imbang untuk melaju ke fase semifinal. Namun, mereka tidak mau mengambil resiko tersebut. Ini dikarenakan jika mereka sampai berada di posisi runner-up, maka di semifinal mereka akan berjumpa dengan Swiss, satu-satunya tim yang mempu meraih poin sempurna di babak penyisihan grup.

Untuk itu, pelatih Luis Milla tetap menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain menyerang. Hasilnya, pertandingan baru berjalan 10 menit, Juan Mata membuat Tim Matador unggul 1-0. Gol berawal dari umpan Ander Herrera yang tidak mampu diantisipasi dengan baik oleh Serhiy Kryvtsov yang memudahkan Mata menjebol gawang Anton Kanibolotskiy.

Gol kedua Spanyol lahir di menit 27. Kerjasama antara dua pemain El Barca, Thiago Alcantara dan Martin Montoya, berujung pada gol yang dicetak Adrian Lopez. Ini merupakan gol ketiga Adrian selama turnamen berlangsung.

Spanyol menutup pesta dengan skor 3-0 setelah Juan Mata sukses mengeksekusi hadiah pinalti menit 72. Pinalti diberikan setelah Mata dijatuhkan Denys Garmash di kotak pinalti. Garmash sendiri harus mendapatkan kartu merah dari wasit akibat pelanggaran tersebut.

Dengan hasil ini, maka Spanyol akan bertemu Belarusia di babak semifinal. Sedangkan pertandingan semifinal lainnya akan mempertemukan Swiss melawan Rep. Ceko. Dua pertandingan semifinal itu sendiri akan berlangsung pada 22 dan 23 Juni 2011.

Susunan pemain:

Ukraina U-21: Kanibolotskiy, Butko, Rakitskiy, Kryvtsov, Selin, Garmash, Chesnakov, Beliy (Golodyuk 39’), Konoplyanka, Yarmolenko (Vitsenets 82’), Zozulya

Spanyol U-21: De Gea, Montoya (Azpilicueta 82’), Botia, Dominguez, Didac Vila, Javi Martinez (Parejo 76’), Thiago, Ander Herrera, Mata, Muniain, Adrian (Bojan 81’)

[youtube Lq9nWMVc_FE]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda