Scroll to Top

YouTube Menghadirkan Chanel Pendidikan

By Joko Utomo / Published on Friday, 16 Dec 2011

youtube education

Banyak lembaga pendidikan atau sekolah yang melarang muridnya untuk membuka situs YouTube dengan alasan banyaknya muatan yang bisa menimbulkan efek negatif bagi murid-murid mereka. Bahkan demi keamanan mereka memblokir situs tersebut.

Hal ini  mendorong YouTube untuk menghilangkan kesan yang tidak bagus tersebut. Salah satu cara yang ditempuh adalah menyediakan saluran atau chanel khusus yang ditujukan kepada mereka yang menggeluti dunia pendidikan atau siapa saja ingin menambah ilmu pengetahuan mereka.

Dalam berita yang dirilis oleh kompas Brian Tuong yang menjabat sebagai manajer produksi YouTube menjelaskan jika pihaknya telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak di seluruh dunia yang membuat video-video pendidikan tersebut. Pihak yang dimaksud tersebut adalah  guru, universita dan lembaga lain yang menyediakan konten bermuatan pendidikan dan inspiratif.

Dengan mengakses saluran yang dinamakan saluran YouTube for School ini pengguna dalam hal ini guru  bisa menemukan berbagai macam video yang jumlahnya ribuan. Video-video tersebut berisi berbagai macam cabang ilmu pengetahuan yang bisa digunakan sebagai bahan pelajaran untuk disampaikan kepada murid-murid mereka. Misalnya bagaimana terjadinya proses fontosesis atau sejarah kehidupan pada jaman Yunani Kuno.

Cara menggunakan layanan ini cukup mudah. Pengguna tinggal melakukan masuk pada konten YouTube Edu dan memilih kategori yang diinginkan.

Sedangkan ada guru yang ingin membuat ruang tersendiri yang disesuaikan dengan tingkatan kelas atau jenis pendidikan yang diajarkan  tinggal masuk pada saluran YouTube for Teacher.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda