Scroll to Top

Jika Klub Menunggak Gaji Tiga Bulan, Pemain Liga Spanyol Boleh Hengkang

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 16 Dec 2011

Liga Spanyol memang tidak serapi dan “semerata” Liga Inggris dalam urusan manajemen keuangan. Kalau Anda tidak percaya, lihatlah papan bawah klasemen La Liga.

La Liga

Di sana, terdapat Real Zaragoza yang utangnya dari tahun ke tahun menumpuk. Bahkan, seandainya tahun 2012 mereka tergelincir lagi ke Segunda Division, mantan klub David Villa ini dipastikan 99,99% gulung tikar. Klub-klub lain yang menimbun utang besar termasuk Real Mallorca, Rayo Vallecano, hingga Espanyol.

Oleh karena jaminan yang tidak pasti, sejak 15 Desember 2011, LFP dan AFE (Asosiasi Pemain Liga Spanyol) seiya-sekata untuk mencari solusi bagi pemain. Kedua organisasi ini sepakat menulis perjanjian penting.

Seandainya sebuah klub di Primera dan Segunda Division menunggak gaji pemainnya selama tiga bulan, pemain klub tersebut bebas memutuskan kontrak secara sepihak. Artinya, mereka langsung berstatus free transfer dan klub lain yang ingin mendapatkan, tak perlu lagi merogoh kocek dalam-dalam untuk klub sebelumnya.

Yang menarik, penunggakan gaji tiga bulan ini tidak perlu berturut-turut. Asalkan klub menunggak tiga bulan atau lebih (misalnya Januari, Maret, dan April) seorang pemain boleh beralih dari klub yang “tak mau menggajinya” ke klub yang lebih baik.
Ketentuan spesial ini hanya tidak boleh dilakukan pada 10 hari menjelang kompetisi berakhir sampai selesai.

Kebijakan LFP dan AFE ini di satu sisi menyenangkan semua pemain Primera dan Segunda Division. Namun, bagaikan kutukan bagi klub kecil. Maklum, gara-gara dominasi nama besar Barcelona dan Real Madrid, Liga Spanyol ibarat sebuah liga dengan 2 kompetitor dan 18 pemanis.

Kebijakan ini juga bisa menghindari kejadian memalukan musim lalu. Kala itu, Rayo Vallecano, tim sekota Real Madrid, tak bisa membayar gaji pemain beberapa bulan. Ajaibnya, klub dari distrik Vallecas ini malah lolos ke Primera Division.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda