Scroll to Top

Kematian Ancam Penderita Anoreksia

By Ika / Published on Friday, 16 Dec 2011

AnoreksiaAnorxia nervosa adalah gangguan pola makan seseorang yang juga disebabkan oleh gangguan mental, di mana ia terobsesi memiliki berat badan rendah hingga ia membatasi makanan yang ia konsumsi. Bahkan, penderita anoreksia cenderung tidak mau makan apapun hingga tubuhnya terlihat kurus secara tidak wajar. Kalaupun mereka memakan sesuatu, mereka akan segera memuntahkannya kembali.

Menurut banyak ahli kesehatan, anoreksia adalah cara buruk untuk menurunkan berat badan karena pengidapnya akan mengalami kekurangan gizi yang malah bisa membahayakan kesehatannya. Tak hanya itu, kematian bisa saja terjadi pada penderita anoreksia.

Kate Chilver adalah salah satu korban anoreksia. Ia seorang wanita Inggris berusia 31 yang dikabarkan telah meninggal dunia setelah menderita anoreksia selama sekitar 16 tahun. Saat meninggal berat badan Kate sudah kurang dari 30kg. Menurut dokter, tubuh Kate sudah sangat kurus, di mana bagian perut atau ususnya juga sangat kekurangan pasokan darah sehingga menimbulkan masalah kesehatan yang sangat serius.

Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail, Dr.Frances Connan, dokter sekaligus psikolog yang menangani Kate Chilver mengatakan bahwa BMI (Body Mass Index) Kate sudah di bawah angka 12, bahkan ia sempat memiliki BMI sebesar 9, di mana angka BMI di bawah 10 adalah hal yang sangat langka. BMI bagi tubuh sehat adalah antara 20-25, sedangkan BMI di bawah 15 sudah ditengarai sebagai penderita anoreksia.

Dr.Frances Connan juga mengatakan bahwa Kate sudah mulai mengidap anoreksia sejak usia 12 tahun, namun ia benar-benar mengalami anoreksia serius begitu menginjak usia 15 tahun.  Dokter tersebut bahkan mengungkapkan bahwa ia belum pernah menangani pasien anoreksia separah Kate.

Dengan tubuh yang sangat kurus dan kekurangan gizi, akan terjadi komplikasi kesehatan yang parah. Pada kasus Kate, ia mengalami suatu sirkulasi yang buruk pada perutnya, di mana terjadi gangguan pada pembuluh-pembuluh darahnya yang tidak ‘dibantali’ oleh lemak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda