Scroll to Top

Isu Hak Siar Formula 1: Ecclestone Akan Perjuangkan BBC

By Rheza Fadhlillah / Published on Monday, 20 Jun 2011

Fans Formula Satu di Inggris dikejutkan oleh pernyataan BBC yang tidak akan memperpanjang kontrak hak siar atas Formula Satu di musim 2013. BBC merupakan stasiun televisi di Inggris yang telah memegang hak siar Formula Satu selama lima tahun.

Diberitakan oleh Sunday Times, BBC akan menghentikan kontrak hak siarnya yang akan habis pada musim depan untuk berkonsentrasi dalam mendanai saluran digital lain yang dimiliki oleh BBC seperti BBC4. BBC mengakui mereka mengalami ketidak-seimbangan antara biaya yang dikeluarkan untuk menyelenggarakan hak siar dengan bayaran yang mereka dapat dari pihak Formula Satu. Hal ini mendapatkan tanggapan serius dari bos Formula Satu Bernie Ecclestone.

Bernie menyatakan akan berjuang secara penuh agar BBC mengurungkan niatnya tersebut. Ia berkata, “Mereka tidak membertahukami masalah mereka, sejauh ini, tak ada yang mereka katakan. Saya harap mereka mau mempertahankan kami (Formula Satu,Red). Saya akan melakukan hal terbaik untuk mempertahankan Formula Satu di BBC”. Menurut Bernie, BBC telah melakukan yang terbaik untuk Formula Satu karena mereka berhasil menaikan minat penonton di Inggris untuk menonton Formula Satu.

Hal senada juga dikeluarkan oleh Martin Withmars. Bos Mclaren itu mengatakan bahwa selain baik dari segi kualitas, Jangkauan siaran BBC juga sangat luas sehingga terjadi peningkatan jumlah penonton wanita dan anak muda yang sangat positif di Inggris.

“Saya pikir sangat menyedihkan dan tidak bijaksana jika BBC mengecewakan penggemar Formula Satu di Inggris. Itulah yang membuat saya tidak percaya mereka akan melakukan hal itu”, Jelas Withmars. Withmars juga mengatakan akan sangat menyakitkan apabila hak siar Formula Satu harus di pegang oleh TV berbayar.

Selama ini siaran Formula  Satu di Inggris dapat dinikmati penggemar secara gratis melalui BBC dan telah membawa banyak sponsor kepada tim Formula Satu akibat tingginya animo masyarakat terhadap olahraga balap. Oleh karena itu sangat disayangkan apabila BBC bersikeras untuk menghentikan siaran Formula Satu Karena akan berdampak buruk bagi para penggemar olahraga balap di Inggris juga Formula Satu itu sendiri.

 

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda