Scroll to Top

Ini Sehatnya Makan Kurma Saat Sahur dan Buka Puasa

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 01 Jun 2016

kurma

Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa adalah kurma. Makanan dari tanaman khas padang pasir tersebut dikenal memiliki gula alami yang tinggi. Kemampuannya untuk menggantikan energi tubuh yang hilang terbilang cepat. Walhasil kurma sangat cocok dipakai pada dua aktivitas khas bulan Ramadhan tersebut.

Tidak sebatas itu, kurma pun punya segudang manfaat menakjubkan bagi tubuh. Dikutip dari laman Okezone, berikut di antaranya:

Otak lebih sehat. Makan kurma selama berpuasa dapat mempertahankan kemampuan konsentrasi otak dan menyehatkannya. Kurma ikut menurunkan hormone kortisol yang dapat memicu stress.

Mengendalikan kolesterol. Menurut ahli jantung di Uni emirat Arab, makan kurma secara rutin dapat mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah. Penyakit jantung dan stroke bisa diturunkan risikonya.

Menetralkan racun dalam tubuh. Makan kurma ikut membantu memperlancar detoksifikasi racun pada sistem pencernaan. Selain itu, energi tubuh dapat terdongkrak karena kandungan karbohidrat dan fruktosanya yang gampang diubah.

Memiliki banyak nutrisi. Dalam kurma tidak hanya ada fruktosa. Banyak pula kandungan vitamin seperti A, B kompleks, C, tiamin, riboflavin, asam folat, dan mineral lainnya. Dengan begitu asupan beragam nutrisi yang diperlukan tubuh saat berpuasa dapat dicukupi sebagiannya lewat makan kurma.

Komentar Anda