Scroll to Top

Robot Pelayan Pribadi Dengan Bantuan Microsoft Kinect

By Ivan Azzam / Published on Friday, 16 Dec 2011

Robot pelayan di sebuah restoran di Jepang saja sudah cukup keren, bagaimana dengan sebuah robot pelayan pribadi? Hal ini sepertinya sudah semakin dekat dengan kenyataan, berkat tim peneliti dari University of Munich, Jerman. Tim tersebut membuat sepasang robot otomatis yang bisa memasak popcorn dan membuat sandwich, dengan menggunakan teknologi Kinect besutan Microsoft.

Robot pelayan

Dengan nama James dan Rosie, hal terkeren dari dua robot pelayan ini, mereka memiliki pengetahuan sungguhan mengenai melayani, dalam contoh adalah kegiatan memasak, dan ini berbeda karena umumnya robot sudah terprogram sehingga yang dilakukan cenderung sempurna, namun mereka tidak, mereka masih bisa melakukan kesalahan kecil.

Tim tersebut berhasil membuat James dan Rosie memiliki pengetahuan sungguhan karena sebuah program yang dinamai Cognitive Robot Abstract Machine (CRAM), jadi maksud dari CRAM ini adalah agar James dan Rosie memiliki semacam “otak”.

Kedua robot tersebut memiliki kemampuan mengenali benda sekitar mereka, dan bisa mengetahui kegunaan dari masing-masing benda tersebut, misal di dekatnya ada pemanggang roti, maka James bisa membuat roti bakar dengan itu, dan karena ada bantuan dari Kinect, James dan Rosie bisa menerima perintah suara sehingga jika perintah tersebut didengar, mereka akan mengidentifikasi benda apa saja yang diperlukan untuk menyelesaikan perintah tersebut.

Mau lihat video mereka beraksi? Tonton di bawah ini:

(via Geek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda