Scroll to Top

Honda CR-V, Mobil Paling Rendah Emisi di Indonesia

By Aditya Mahadika / Published on Saturday, 17 Dec 2011

Honda CR-V terpilih sebagai kendaraan berbahan bakar bensin dengan emisi terendah versi Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Penghargaan ini didasarkan atas hasil Evaluasi Penataan Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru yang dilakukan KLH pada bulan Mei-Agustus 2011.

Evaluasi ini merupakan bagian dari program Langit Biru yang dijalankan oleh KLH. Dalam pengukurannya, KLH menguji emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar dari 33 jenis kendaraan bermotor roda 4, yang terdiri dari 26 model berbahan bakar bensin dan 7 model berbahan bakar solar.

Pengukuran dilakukan dengan metode uji ECE R83-04 untuk mengetahui kadar CO (karbon monoksida) dan HC + Nox (Hidrokarbon dan Nitrogen Oksida) yang terkandung dalam emisi tiap-tiap model yang diuji.

Honda CR-V tipe 2.4 A/T meraih hasil uji terbaik untuk parameter CO, yaitu hanya 0,052 gr/km jauh di bawah ambang batas 2,20 gr/km. Sementara dari parameter HC + Nox, Honda CR-V tipe 2.4 A/T meraih hasil 0,007 gr/km dari ambang batas 2,20 gr/km.

Rahasianya, penggunaan mesin i-VTEC, A/F Sensor, dan O2 Sensor untuk mendukung presisi percampuran bahan bakar dan udara untuk pembakaran yang sempurna, plus Two-Bed Catalyst dan Electric EGR Valve memastikan tingkat emisi yang bersih, sesuai dengan standar EURO 4.

“Keberhasilan ini menegaskan komitmen yang selalu diusung Honda dalam pengembangan setiap produknya, yaitu tak hanya bertenaga dan menyenangkan untuk dikendarai, tetapi juga harus ramah lingkungan dengan gas buang yang bersih dan hemat bahan bakar,” ungkap Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda