Scroll to Top

Kualitas Menurun, Ada Apa Dengan Mesut Ozil?

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 17 Dec 2011

Musim panas tahun lalu, semua orang menyadari ada bakat besar berbinar di Piala Dunia 2010. Siapa lagi kalau bukan Mesut Ozil. Di usia muda, ia sudah menjadi jantung permainan Jerman.

Mesut Ozil

Pada akhir musim panas yang sama, Ozil langsung dicemooh. Kepindahannya ke Real Madrid dianggap sebagai blunder terfatal. Pemain kelahiran 15 Oktober 1988 ini dianggap akan mematikan karier bergabung dengan skuad Real Madrid yang kepenuhan bintang. Nasibnya disebut akan setragis Rafael Van Der Vaart atau Wesley Sneijder ketika berkostum Los Galacticos.

Wajar jika pers mengindikasikan hal ini. Mesut Ozil adalah salah satu pemberi assist terbanyak dalam dua musim Bundesliga (musim 2008/2009 dan 2009/2010). Ia tercatat melepas 24 assist yang terbagi rata di dua musim tadi.

Namun, semua berjalan lancar di musim pertama bersama Real Madrid. Di semua kompetisi, Ozil tercatat melepaskan 24 assist dan mencipta 7 gol. Di bawahnya, ada Cristiano Ronaldo dan Angel di Maria yang cuma melepaskan 14 assist. Ozil pun dianggap sukses beradaptasi dengan sepakbola Spanyol.

Sayang, saat ini, keadaan sama sekali terbalik. Ozil cuma melepaskan 5 assist hingga hampir setengah perjalanan La Liga (musim lalu 17). Ozil kalah dari Angel di Maria yang melepaskan 11 assist dan CR7 yang membuat 6 assist. Dari segi gol, Ozil juga tengah melempem. Belum sebiji gol pun yang dilesakkannya di La Liga.

Gol baru muncul di Piala Super Spanyol dan Liga Champions. Itu pun cuma dua biji. Padahal, musim lalu, dengan empat pertandingan lebih sedikit menjelang Natal, Ozil sudah menciptakan 4 gol.

Kejadian paling parah bagi Ozil tentu dalam El Clasico kemarin. Kekuatannya menurun pada babak kedua, lalu Real Madrid lenyap dalam kuasa Barcelona. Usaha Jose Mourinho mengganti Ozil dengan Kaka juga tak berfungsi baik.

Musim pertama Ozil berjalan gemilang. Namun, hingga pertengahan musim ini, ia bagaikan melambat. Mourinho bahkan sempat menegurnya dalam latihan dan meminta Ozil lebih meningkatkan kinerjanya di dalam latihan dan saat berlaga di lapangan. Mengingat masa adaptasi sudah lewat, dan Real Madrid cuma menambahkan Fabio Contreao di starting XI paling sempura, layak kita bertanya: Ada apa denganmu, Ozil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda