Scroll to Top

Akun Twitter Resmi Pemerintah Swedia Diambil Alih Rakyatnya

By Melissa / Published on Saturday, 17 Dec 2011

Bukan hanya pemerintah Korea Selatan saja yang mulai memanfaatkan media sosial untuk kepentingan negaranya, pemerintah Swedia pun tidak mau ketinggalan.

Para penduduk Swedia telah mengambil alih akun Twitter @sweden dan peristiwa ini didukung penuh oleh pemerintah Swedia. Apa pasal?

Thomas Brühl selaku CEO VisitSweden dari Kementerian Pariwisata mengemukakan alasan pengambilalihan akun tersebut:

“Tidak ada seorang pun yang lebih mengenal Swedia dibanding para penduduknya sendiri. Dengan inisiatif seperti ini, kami bekerjasama dengan mereka untuk menunjukkan keindahan Swedia kepada dunia.”

Sebelumnya, akun @sweden dikelola langsung oleh Kementerian Pariwisata sejak Januari 2009.

Setiap minggunya, satu orang penduduk Swedia akan menjadi administator akun tersebut dan ia boleh menulis tweet apa pun yang ia suka sebagai bagian dari proyek “Curators of Sweden”.

Curators of Sweden didirikan dengan konsep bahwa satu suara saja tidak cukup untuk mewakili suatu negara. Berangkat dari ide tersebut, beberapa penduduk Swedia akan dipilih sebagai kurator tamu yang bertugas untuk memotret karakter bangsa mereka.

Jack Wermer, seorang penulis dan staf pemasaran, adalah orang pertama yang bertugas menjadi admin @sweden.

“Saya selalu menikmati ketika saya sedang menunjukkan keindahan Swedia kepada para turis. Menjadikan Twitter sebagai media promosi pariwisata terasa sangat tepat dan menyenangkan.”

VisitSweden memilih para kurator tersebut karena mereka mewakili nilai-nilai dan ciri khas negara Swedia, seperti fashion, desain, inovasi dan hak kaum gay.

Para kurator lainnya berasal dari berbagai latar belakang, seperti pemilik agensi periklanan yang memiliki sawah luas, penulis, pendeta, guru dan seorang sopir perempuan.

Apa pendapat Anda mengenai gaya promosi pariwisata ini?

(via Mashable)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda