Scroll to Top

Wigan vs Chelsea: Menang Besar Lagi, Blues?

By Wan Faizal / Published on Saturday, 17 Dec 2011

Dalam dua musim terakhir, tak dapat disangkal jika Wigan Athletic selalu menjadi korban lumbung gol Chelsea. Tak percaya? Tengok saja rekor pertemuan mereka dalam tiga laga terakhir, dimana The Blues dengan ganas menjebol gawang Wigan sebanyak 15 kali. Wigan? Dalam tiga pertandingan tersebut, gawang Chelsea tetap perawan.

Jelang pertemuan keduanya di pekan ke-16 Premier League, Minggu (18/12) pukul 00.30 di DW Stadium, ada satu pertanyaan yang bisa diapungkan. Yakni, berapa gol yang kali ini akan dicetak Frank Lampard dkk ke gawang The Latics?

Chelsea mendapat modal super jelang laga melawan Wigan ini. Kemenangan 2-1 atas Manchester City pekan lalu diyakini akan membuat para punggawa Chelsea semakin bersemangat mengejar kemenangan di tiap laga karena mereka yakin gelar juara masih bisa mereka raih.

Tren kebangkitan Chelsea akhir-akhir ini tak lepas dari keputusan brilian Andre Villas-Boas yang mau memainkan Oriol Romeu sebagai gelandang jangkar Chelsea.

“Oriol bermain baik di tengah. Ia mampu membuat lini tengah kami lebih solid. Ia adalah penyempurna formasi yang saya terapkan,” puji Villas-Boas.

Benar. Kehadiran Romeu memang mampu menutup lubang di sektor tengah Chelsea. Gelandang bertahan Chelsea lainnya seperti Michael Essien dan Ramires terlalu ofensif. Sementara Obi Mikel terlalu elegan untuk dimainkan sebagai gelandang bertahan.

“Saya adalah gelandang yang memberikan keseimbangan bagi tim. Anda harus bisa cepat berpikir kapan mengambil bola dari lawan, kapan memotong umpan, dan memberi bola pada teman. Itu yang saya pelajari di La Masia,” tutur pemain didikan Barcelona itu.

Di sisi lain, kemenangan mengejutkan yang diraih Wigan dari West Bromwich pekan lalu mampu mengangkat posisi tim di klasemen serta mengangkat mental para pemain yang sempat hancur setelah dibekap Arsenal sepekan sebelumnya.

Meski begitu, rasanya tambahan modal kecil tersebut belum mampu untuk membawa Wigan untuk mengejutkan Chelsea. Tim tamu rasanya akan lebih berpeluang untuk menang. Dan yang patut dinanti adalah berapa gol yang akan mereka ciptakan?

Perkiraan susunan pemain:

Wigan (4-3-3): 26. Ali Al Habsi; 23. Ronnie Stam, 5. Gary Caldwell, 3. Antolin Alcaraz, 31. Maynor Figueroa; 21. Mohamed Diame, 4. James McCarthy, 19. David Jones; 14. Jordi Gomez, 11. Victor Moses, 18. Conor Sammon. Manajer: Roberto Martinez

Chelsea (4-3-3): 1. Petr Cech; 2. Branislav Ivanovic, 4. David Luiz, 26. John Terry, 3. Ashley Cole; 6. Oriol Romeu, 7. Ramires, 8. Frank Lampard; 10. Juan Mata, 23. Daniel Sturridge, 11. Didier Drogba. Manajer: Andre Villas-Boas

Head to head:

09-04-2011: Chelsea 1-0 Wigan

21-08-2010: Wigan 0-6 Chelsea

09-05-2010: Chelsea 8-0 Wigan

26-09-2009: Wigan 3-1 Chelsea

28-02-2009: Chelsea 2-1 Wigan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda