Scroll to Top

Menakjubkan! Kamera Mini Yang Dimasukkan Ke Tubuh Manusia

By Ivan Azzam / Published on Saturday, 17 Dec 2011

Menakjubkan, kata yang mungkin terucap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dari masa ke masa, apalagi setelah mengetahui ini. Bayangkan petualangan dari kartun Doraemon, di mana di salah satu cerita, Doraemon dengan salah satu alat ajaibnya yang berbentuk kapal selam masuk ke tubuh Nobita, dan teknologi semacam ini memungkinkan, hanya saja yang dimaksud adalah kapsul, yang berisi kamera kecil.

Kapsul kamera mini

Sekelompok peneliti dari Tel Aviv University membuat kamera wireless pertama yang bisa dikendalikan dengan remote control dan kapsul kamera ini dirancang untuk “berenang” dalam tubuh manusia, kamera ini dikontrol dengan menggunakan sinyal mesin MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Lalu apa tujuan utama dari pembuatan kapsul kamera ini? Jawabnya adalah bisa mencari luka dalam tubuh atau tumor tanpa endoskopi (alat yang digunakan untuk memeriksa saluran cerna).

Salah satu tim peneliti, yaitu Dr. Gabor Kosa dari Tel Aviv University juga mengatakan laporannya kepada jurnal Biomedical Microdevices, kapsul kamera ini juga bisa mengantarkan obat ke dalam tubuh manusia. Dikutip dari pernyataannya, kapsul kamera membutuhkan muatan magnetis dari MRI untuk bergerak, dan pergerakannya layaknya berenang, muatan magnet tersebut membuat semacam getaran dan mengarahkan kapsul ke bagian tubuh yang sakit.

Menakjubkan bukan? Semoga kemajuan di bidang pengobatan ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit dalam manusia secara efektif. (via Dailymail)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda