Scroll to Top

Athletic Bilbao Nyaris Dipermalukan Juru Kunci, Espanyol Siap ke Europa League

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 18 Dec 2011

Sporting Gijon 1-2 Espanyol

Espanyol sempat dikritik habis-habisan oleh pendukungnya sendiri hingga pekan ke-14. Maklum, hingga saat itu, saudara Barcelona baru mengemas 11 gol. Namun, kritikan itu kini berubah pujian.

Hanya dalam 2 laga, Espanyol mampu mencetak 6 gol dan selalu meraih kemenangan. Setelah melumat Atletico Madrid 4-2, kini giliran tuan rumah Sporting Gijon yang dibekap 1-2. Pasukan Mauricio Pochettino pun menatap jatah Europa League akhir musim ini.

Sporting Gijon langsung tertimpa bencana. Belum apa-apa, gawang mereka sudah terbobol oleh serangan balik cepat Espanyol di menit 2. Adalah Thievy Bifouma yang membobol gawang Juan Pablo.

Unggul cepat, Espanyol berhasil mengendalikan permainan. Peluang demi peluang dimunculkan, namun semuanya terhambur di depan gawang tuan rumah. Petaka bagi tim tamu datang di babak kedua. Setelah berhasil mempertahankan skor selama 58 menit, Espanyol kecolongan oleh aksi David Barral.

Ketika pertandingan seolah berakhir dengan skor imbang, Sergio Garcia yang tengah on-fire muncul sebagai dewa penyelamat. Header Alvaro Vasquez disambutnya dengan tendangan kaki kiri dan takluklah Juan Pablo kedua kalinya di menit 84.

Sporting masih sempat mencetak gol di menit-menit kematian. Sayang, gol tuan rumah dianulir karena Ivan Hernandez dianggap wasit berada dalam posisi offside.

Kemenangan ini menjadi kado natal yang manis untuk Espanyol. Sebaliknya, bagi Sporting ini adalah lampu kuning. Dua kemenangan beruntun minggu lalu, satu di Liga dan satu di Copa del Rey belum memberikan hasil yang terlalu positif. Hingga Januari mendatang, mereka masih terjerembab di posisi 18, zona degradasi.

Athletic Bilbao Nyaris Ditahan Tim Juru Kunci

Athletic Bilbao vs Real Zaragoza 2-1

Dalam pertandingan lain, klub kesayangan Liga Spanyol, Athletic Bilbao, sukses membungkam juru kunci Real Zaragoza 2-1. Seperti Real Madrid yang kehilangan pemain namun bisa menang, bek Javi Martinez mesti meninggalkan lapangan di menit 22 akibat melakukan pelanggaran di kotak penalti terhadap Lafita.

Athletic Bilbao unggul lebih dahulu melalui Susaeta di menit 7. Ketika skor 2-0 tinggal menunggu waktu, Javi Martinez justru menerima kartu merah. Penalti Leonardo Ponzio semenit kemudian meluncur ke gawang Gorka Iraizoz.

Gol penentu kemenangan Bilbao yang tanpa Fernando Llorente lahir 3 menit jelang bubaran. Gaizka Toquero menuntaskan umpan Oscar De Marcos sekaligus membawa Athletic mendapatkan kemenangan kelima di La Liga musim ini.

Getafe Dibantu Gol Ganda Abdelaziz Barrada

Mallorca vs Getafe 1-2

Sementara itu, Getafe menekuk sesama tim papan tengah, Real Mallorca, dengan skor 1-2. Tuan rumah sempat unggul melalui Ivan Ramis di menit 10. Namun, gol ganda Abdelaziz Barrada di menit 28 dan 44 menyelamatkan klub kaya baru Liga Spanyol ini. Kemenangan belum mampu menaikkan posisi tawar Getafe atas tiket Europa League musim depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda