Scroll to Top

Tai Chi Dapat Tingkatkan Keseimbangan Tubuh Bagi Lansia

By Ika / Published on Sunday, 18 Dec 2011

Menjadi tua itu pasti, dan hal lain yang tak bisa dihindari adalah penurunan kemampuan dalam menjaga keseimbangan tubuh sehingga mereka sering mengalami jatuh. Namun menurut ahli kesehatan, hal tersebut bisa dicegah.

Hampir semua orang pasti mengenal tai chi, seni bela diri dari negeri Cina ini diklaim mampu membantu mencegah turunnya keseimbangan dan menjaga kekuatan tubuh. Dengan begitu resiko jatuhnya seseorang yang sudah lanjut usia akan berkurang.

bela diri tai chi

Sebuah studi ilmiah telah dilakukan untuk membuktikan hal tersebut. Peneliti dari Hong Kong Polytechnic University melakukan studi yang melibatkan sekitar 40 orang berusia lebih dari 70 tahun. Para partisipan tersebut disuruh mengikuti sesi tai chi 90 menit selama kurang lebih satu minggu.

Hasilnya, mereka yang rutin melakukan tai chi ternyata memiliki keseimbangan tubuh yang sangat bagus. Bahkan, keseimbangan tubuh mereka masih lebih bagus bila dibandingkan dengan orang-orang lanjut usia yang rutin bermain musik, di mana memainkan alat musik juga dikatakan dapat meningkatkan keseimbangan para orang lanjut usia.

“Tai chi sangat cocok bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan dan memang membantu meningkatkan kontrol keseimbangan tubuh,” kata Dr.William Tsang sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail.

Dr.William Tsang juga menambahkan bahwa tai chi dapat meningkatkan kesadaran (awareness) tubuh. Salah satu gerakan penting dalam tai chi adalah gerakan kepala berulang-ulang yang mampu merangsang sistem vestibular, di mana hal ini juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda