Scroll to Top

Santos vs Barcelona: Final Idaman

By Wan Faizal / Published on Sunday, 18 Dec 2011

Final idaman FIFA Club World Cup 2011 akhirnya resmi terwujud setelah Santos dan Barcelona berhasil menaklukan lawan masing-masing di babak semifinal guna bertemu di partai final yang berlangsung hari Minggu (18/12) pukul 17.30 di Yokohama International Stadium.

Santos menjadi tim pertama yang berhasil menembus babak final setelah mengalahkan Kashiwa Reysol 1-3 di semifinal. Sehari berselang, Barcelona sukses menciptakan final idaman itu setelah menggebuk Al-Sadd 4-0.

Apa yang membuat final kali ini terasa spesial? Pertama tentu keduanya adalah klub unggulan di turnamen ini. Sudah sejak lama, siapapun wakil dari Eropa dan Amerika Latin yang bisa menembus ajang ini akan menjadi tim unggulan. Langsung bermain di babak semifinal adalah buktinya.

Selain itu, di kedua klub saat ini juga bertabur banyak bintang sepakbola kelas wahid. Tengok saja di Santos. Meski tidak semua pemain mereka dikenal kalangan luas, masih ada nama seperti Neymar, Elano Blumer, dan Paulo Henrique Ganso yang namanya telah mendunia.

Barcelona? Siapa yang tak kenal deretan pemain bintang milik pelatih Pep Guardiola itu? Mulai dari posisi kiper hingga striker, dipastikan ada nama pemain terkenal. Victor Valdes, Gerard Pique, Xavi Hernandez, Lionel Messi, dan masih banyak lagi.

Yang paling menarik adalah menanti bagaimana permainan Neymar dan Messi di partai nanti. Sebagai dua “bocah ajaib” di sepakbola, duel antara keduanya layak dinanti.

Menghadapi laga pamungkas nanti, Muricy Ramalho selaku pelatih Santos berharap banyak pada ketiga bintangnya tersebut untuk bisa meredam ketangguhan El Barca.

“Saya tahu akan sangat sulit meredam permainan ball possession ala Barcelona. Kami harus mengawal mereka dengan ketat, menekan mereka, dan berjudi melakukan sesuatu yang positif dalam setiap momen,” tutur Ramalho.

“Perjudian itu seperti Elano atau Ganso memberi umpan terobosan pada Neymar. Dengan kecepatan dan kejeniusannya, kami berharap Neymar bisa melakukan sesuatu untuk kami.”

Sementara itu, meski lebih diunggulkan dari Santos, Guardiola terkesan berhati-hati dan meminta anak asuhnya untuk tetap mewaspadai para pemain Santos.

“Harapan dan tujuan kami adalah bisa memenangkan turnamen ini lagi. Saya tahu itu akan sulit karena mereka memiliki pemain dengan skill yang hebat,” kata Pep.

“Selain itu, mereka juga adalah klub yang memiliki sejarah yang patut untuk dihormati. Legenda seperti Pele pernah besar disana. Jadi, kami sangat menantikan laga melawan Santos.

Sayangnya, Barcelona harus kehilangan David Villa di laga ini yang menderita patah tulang kering saat bermain di semifinal. Bahkan Villa divonis absen sekitar lima bulan lamanya. Selain itu, Alexis Sanchez dan Javier Mascherano juga diragukan tampil.

Perkiraan susunan pemain:

Santos (4-4-2): 1. Rafael Cabral; 4. Danilo Luiz, 2. Edu Dracena, 6. Durval da Silva, 3. Leo Bastos; 5. Arouca da Silva, 7. Henrique Pacheco, 8. Elano Blumer, 10. Paulo H. Ganso; 9. Humberlito Borges, 11. Neymar Junior. Pelatih: Muricy Ramalho

Barcelona (4-3-3): 1. Victor Valdes; 2. Daniel Alves, 5. Carles Puyol, 3. Gerard Pique, 22. Eric Abidal; 16. Sergio Busquets, 6. Xavi Hernandez, 8. Andres Iniesta; 4. Cesc Fabregas, 17. Pedro Rodriguez, 10. Lionel Messi. Pelatih: Pep Guardiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda