Scroll to Top

Kazuyoshi Miura Pemain Pro Tertua di Dunia Cetak Gol di Usia 49 Tahun

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 21 Jun 2016

Kazuyoshi Miura Pemain Pro Tertua di Dunia Cetak Gol di Usia 49 Tahun

Kazuyoshi Miura atau juga dikenal dengan julukan King Kazu, adalah pemain profesional tertua di dunia. Dan, ia belum mau berhenti memecahkan rekor. Baru-baru ini, striker Yokohama FC tersebut mencetak gol di usianya yang sudah mencapai 49 tahun. Sampai kapan King Kazu bakal berlaga dan mengukir rekor?

Di usianya yang sekarang ini Kazuyoshi Miura memang tidak lagi bermain di level tertinggi. Ia tampil di J-2, kompetisi level dua Liga Jepang. Namun bukan berarti ia berhenti membuat semua orang takjub. Di musim ke-31-nya sebagai pemain profesional, Minggu lalu ia mencetak satu gol. Meskipun timnya, Yokohama FC kalah dari FC Gifu 2-1, sejarah telah diukir.

Gol Miura itu tercipta di usianya yang 49 tahun, tiga bulan, dan 24 hari. Sebagai perbandingan, di divisi pertama J-League, rekor pemain tertua yang mencetak gol, dipegang oleh legenda Jepang, Zico, yang membukukan gol di usia 41 tahun, tiga bulan, dan 12 hari.

Kini, setelah menciptakan rekor baru, tampaknya Miura belum mau berhenti juga. Kepada Kyodo News ia menuturkan, “Saya sangat bahagia. Segala sesuatu tampak apik selama latihan, dan saya sudah punya firasat bisa mencetak gol. Kekalahan (dari FC Gifu) mengecewakan, memang. Saya harus mencetak gol lebih banyak, kalau mau jujur.”

Kazuyoshi Miura, Pemain Veteran Jepang Masih Main di Usia 48 Tahun!

Kazuyoshi Miura sendiri merupakan salah satu pemain Jepang yang pertama kali menjamah Eropa. Ia pernah menjalani masa-masa bersama di Genoa dan Dinamo Zagreb. Miura juga sempat menjalani trial di Bournemouth, sayangnya tidak berujung pada kontrak tetap.

Satu yang mungkin kurang bagi Kazuyoshi Miura dalam kariernya yang cemerlang, adalah, ia tidak pernah sekali pun berpartisipasi di Piala Dunia. Jepang pertama kali lolos ke Piala Dunia di Prancis 1998. Namun kala itu pelatih Takeshi Okada memutuskan tidak membawa King Kazu.

Komentar Anda