Scroll to Top

Sony Menggunakan Kertas Bekas Sebagai Bahan Baterai Ramah Lingkungan

By Ivan Azzam / Published on Sunday, 18 Dec 2011

Kita tahu, perangkat elektronik zaman sekarang semakin canggih, dan tentunya, harus didukung dengan daya yang juga semakin canggih dan ramah lingkungan. Baterai perangkat elektronik zaman sekarang umumnya menggunakan jenis Lithium-Ion dan ini tidak ramah lingkungan dan setelah dipakai, terpaksa akan kita buang, inilah yang patut diperhatikan, pembuangan baterai dapat merusak lingkungan karena bermacam kandungan yang dimilikinya, baterai ramah lingkungan haruslah bisa didaur ulang.

Baterai daur ulang

Visi ramah lingkungan lainnya adalah, kemampuan untuk membuat suatu sumber tenaga dari produk sampah dan orang mampu melakukannya sendiri. Inilah yang menjadi visi Sony, dalam hal membuat produk yang mereka sebut sebagai bio-battery dan ditunjukkan saat pameran Eco-Products 2011 di Tokyo.

Ide dari Sony adalah membuat baterai dimana penggunanya bisa menambahkan sumber tenaganya sendiri dari produk sampah. Jadi, baterai ini dibuat dari kertas bekas, yang akan dileburkan oleh semacam enzim khusus. Setelah dilebur, ada zat selulosa yang terbagi dua jenis enzim, yang pertama memproduksi gula, lalu yang kedua, dari produksi gula, akan ada enzim yang menggunakannya untuk membuat ion hidrogen dan elektron. Terakhir, elektron inilah yang digunakan untuk memproduksi listrik melalui sirkuit, dan ion hidrogen memproduksi air yang dilepaskan ke udara.

Bayangkan jika baterai semacam ini diproduksi massal dan dikomersilkan, tak ada lagi produk sampah kertas yang merusak lingkungan, karena sampah kertas ini bisa digunakan untuk dijadikan baterai, maka dari itu, setidaknya diperlukan teknologi yang mampu memproduksi tenaga baterai yang layak. (via Geek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda