Scroll to Top

Kemenangan Barcelona, Bukti Dominasi Eropa

By Wan Faizal / Published on Sunday, 18 Dec 2011

Barcelona sukses menjadi juara FIFA Club World Cup 2011 setelah mengalahkan Santos dengan skor telak 0-4 lewat dua gol Lionel Messi, plus dua gol dari Xavi Hernandez dan Cesc Fabregas.

Kesuksesan meraih gelar di edisi kedelapan FIFA Club World Cup (dulu ajang ini bernama Piala Interkontinental, namun berganti menjadi FIFA Club World Cup sejak tahun 2000) ini tak hanya kesuksesan Barcelona semata. Secara luas, ini juga merupakan kesuksesan Eropa dalam ajang ini.

Sejak ajang ini digelar, wakil-wakil dari Eropa dan Amerika Latin memang selalu menjadi unggulan, tak peduli siapa pun itu. Mereka langsung mendapat tiket otomatis dengan langsung berlaga di babak semifinal.

Maka tak heran, jika semua gelar FIFA Club World Cup selalu diperebutkan oleh wakil dari Eropa dan Amerika Latin yang pada akhirnya bertemu di babak final.

Pengecualian terjadi pada tahun 2000 ketika dua wakil Amerika Latin (Amerika Latin menyertakan dua wakil karena turnamen digelar di Brazil) Corinthians dan Vasco dan Gama bertemu di partai puncak. Saat itu, Real Madrid sebagai wakil Eropa justru tak berkutik di babak semifinal dan harus rela hanya menghuni posisi keempat di akhir turnamen.

Kejadian serupa juga terjadi tahun lalu ketika Inter Milan ditantang TP Mazembe yang notabene adalah wakil dari Afrika. Mazembe sendiri masuk ke babak final setelah secara mengejutkan mampu menumbangkan wakil Amerika Latin, Internacional, di babak semifinal.

Uniknya, kesuksesan wakil-wakil Eropa tersebut harus dilalui dengan jalan yang sulit. Dalam tiga edisi pertama FIFA Club World Cup, wakil Amerika Latin berjaya.  Corinthians, Sao Paulo, dan Internacional sukses menjadi juara.

Sementara Eropa baru menunjukan taringnya dalam lima edisi terakhir ini. Barcelona menjadi pengumpul dua gelar, disusul AC Milan, Inter Milan, dan Manchester United dengan masing-masing satu trofi.

Berikut adalah hasil-hasil partai final FIFA Club World Cup:

2000: Corinthians 0-0 Vasco dan Gama (Corinthians menang adu penalti)

2005: Sao Paulo 1-0 Liverpool

2006: Internacional 1-0 Barcelona

2007: AC Milan 4-2 Boca Juniors

2008: Manchester United 1-0 LDU Quito

2009: Barcelona 2-1 Estudiantes

2010: Inter Milan 3-0 TP Mazembe

2011: Barcelona 4-0 Santos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda