Scroll to Top

Wasit Heber Lopes Jadi ‘Man of The Match’ Final Copa America 2016!

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 27 Jun 2016

Wasit Heber Lopes Jadi 'Man of The Match' Final Copa America 2016!

Wasit Heber Lopes jadi ‘man of the match’ di final Copa America 2016. Tentu bukan dalam artian yang sebenarnya. Wasit asal Brazil ini menjadi pusat perhatian karena keputusannya yang kontroversial, mudah mengeluarkan kartu, dan mengusir masing-masing satu pemain dari Argentina dan Chile, Marcos Rojo dan Marcelo Diaz.

Final Copa America Centenario berakhir ‘luar biasa’ bukan cuma karena Lionel Messi gagal penalti dan Chile yang juara. Tetapi juga kehadiran wasit berkepala plontos bernama lengkap Héber Roberto Lopes. Pria berusia 43 tahun ini terlihat sangat galak. Bahkan membentak pemain yang agak ogah-ogahan mendengarkan instruksinya.

Kontroversi bukan cuma itu. Tetapi juga kartu demi kartu yang melayang dari saku Heber Lopes. Ia tepat kala memberikan kartu kuning untuk Marcelo Diaz kala melanggar Messi. Namun kartu kuning kedua Diaz di menit 28 sebenarnya kurang layak. Ia memang melanggar Messi, tapi biasanya wasit akan lebih lunak untuk seorang pemain yang sudah mengantongi kartu kuning.

Hasil Final Copa America 2016 Argentina vs Chile 35

Berikutnya insiden antara Javier Mascherano dengan Arturo Vidal sebenarnya tergolong hal biasa. Namun Heber Lopes menilai keduanya layak mendapatkan kartu kuning. Berikutnya, aksi diving Lionel Messi pada menit 40. Ada kemungkinan Messi kehilangan kontrol karena masuk ke kotak penalti dengan kecepatan tinggi, lantas menghindari pemain lawan.

Lagi-lagi tampaknya Heber Lopes lebih suka memberi kartu kuning. Bisa jadi hal itu dilakukannya sebagai peringatan awal kepada semua pemain yang berencana diving, bahwa wasit yang memimpin laga, sangat tidak toleran atas aksi itu.

Kejadian berikutnya yang dilakukan oleh Heber Lopes adalah memberi kartu merah untuk Marcos Rojo. Sang bek kiri Argentina melanggar Arturo Vidal dari belakang. Pelanggaran ini menimbulkan perdebatan pula karena Rojo terlihat mengambil bola. Namun aksi teatrikal Vidal, ditambah posisi jatuhnya yang fatal, membuat Lopes mengusir Rojo.

Heber Lopes sendiri dikenal sebagai wasit yang gemar mengumbar kartu. Tercatat dalam enam pertandingan terkahir yang dipimpinnya, ada enam kartu merah yang diberikan. Belum lagi total 32 kartu kuning yang diberikannya dalam kurun waktu tersebut. Khusus penampilannya di final Copa America 2016, Lopes mendapatkan banyak kritikan pedas di media sosial.

Komentar Anda