Scroll to Top

Roberto Soldado: “Pembunuh Berdarah Dingin” Valencia

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 19 Dec 2011

Lupakan sakitnya tersingkir dari Liga Champions. Toh Valencia “cuma” bertemu Stoke City di Europa League. Lupakan pula kekalahan menyakitkan dari Real Betis. Terbobol 2 gol di injury time pekan lalu tak masalah selama Valencia masih memiliki Roberto Soldado.

Roberto Soldado

Ya, sejak Barcelona menjadi tim alien di muka bumi dan CR7 didatangkan Real Madrid dari Manchester United, Liga Spanyol cuma menyisakan dua kompetitor dan 18 pelengkap. Lalu, sejak David Villa menjadi pemain sayap El Barca plus Fernando Torres melempem di Chelsea, ketajaman lini depan timnas Spanyol layak selalu dipertanyakan meski La Furia Roja hampir selalu tampil menyerang.

Di antara sisipan kabar-kabar kurang menyenangkan inilah Roberto Soldado melesat jauh. Ialah pahlawan  Valencia untuk mengejar Real Madrid dan Barcelona. Ia pula yang kelak akan menjadi pahlawan Spanyol di Euro 2012.

Dalam laga terakhir, pagi tadi, Soldado menjadi pembeda Valencia yang menjamu Malaga. Tim tamu memang memiliki para seniman di lini tengah. Ada Jeremy Toulalan, Santi Cazorla, Isco, dan Joaquin. Namun, Manuel Pellegrini tidak cukup memiliki hal ini. Ia mesti berburu seorang penyerang garang di liburan musim dingin sebelum tanggal 31 Januari mendatang.

Sebaliknya, Valencia dianugerahi Roberto Soldado. Menerima umpan apik Jonas, pemain berusia 26 tahun sukses menaklukkan Willy Caballero, kiper terbaik dunia versi Castrol Edge. Valencia menutup babak pertama dengan skor 1-0.

45 menit kedua kembali menjadi milik Roberto Soldado. Umpan silang Jordi Alba dituntaskannya untuk mencetak gol ke-11 hanya di La Liga saja.

Ya, Soldado memang cuma berada di peringkat keempat dalam bursa top skorer Primera Division. Ia kalah dari CR7 dengan 20 gol dan Lionel Messi yang memborong 17 gol. Mantan penyerang Real Madrid juga tertinggal satu gol dari Karim Benzema.

Namun, bayangkan seandainya Juan Mata dan David Silva masih ada di Valencia. Bayangkan pula jika Soldado disuplay oleh Andres Iniesta-Xavi Hernandez atau Angel di Maria.

Ya, inilah yang berbahaya. Valencia masih terjebak dengan kondisi keuangan yang buruk. Penjualan David Villa, David Silva, dan Juan Mata belum mampu membebaskan kelelawar dari jeratan utang yang suatu saat akan memorak-porandakan mereka.

Sampai kapan Soldado bertahan di El Che? Torehan 16 gol dalam 20 pertandingan sudah cukup membuat klub kaya dunia mempersiapkan nomor punggung 9 untuknya pada musim panas tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda