Scroll to Top

Rasa Cemas Yang Berlebihan Bisa Membahayakan Jiwa

By Ika / Published on Monday, 19 Dec 2011

DepresiMenonton film horor atau menyaksikan pertandingan sepak bola klub favorit tentu bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan, bukan? Apalagi kita mungkin akan mengalami rasa tegang dan cemas sekaligus hingga jantung berdebar-debar. Namun rupanya semua itu bisa berbahaya bagi sebagian orang yang mengalami gangguan kesehatan khusus.

Seorang wanita berusia 58 tahun di Inggris kesehatannya memburuk setelah menyaksikan Manchester United, tim favoritnya, sedang berlaga di sebuah pertandingan. Bagaimana bisa? Rupanya ia mengidap kondisi medis yang langka yang sering disebut sebagai ‘Addisonian crisis‘.

Addisonian crisis ini terjadi pada seseorang yang memiliki sedikit sekali hormon kortisol, yaitu hormon yang mengontrol rasa stres pada manusia. Pada kasus wanita 58 tahun ini, ia mengalami serangan rasa panik dan cemas yang sangat hebat saat menonton pertandingan di stadion. Untungnya wanita tersebut segera meninggalkan stadion setelah sadar dirinya merasa tidak sehat.

Saat wanita tersebut datang ke rumah sakit, dokter segera melakukan tes darah dan diketahui bahwa ia memiliki tingkat kortisol yang rendah dan harus segera dilakukan pengobatan untuk mengganti hormon yang hilang.

Penyakit Addison ini sendiri ditemukan pada tahun 1849 oleh Dr. Thomas Addison, seorang dokter di Inggris. Seperti dikutip Sidomi News dari Daily Mail, para ahli medis mengungkapkan bahwa penyakit ini sangat sulit didiagnosa, apalagi gejala-gejalanya seperti rasa lelah, lesu, atau mood buruk juga dialami oleh seseorang yang sehat. Para ahli juga menambahkan bahwa seseorang dengan penyakit Addison ini memiliki resiko tinggi terhadap penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda