Scroll to Top

Facebook: Jangan Ada Pemblokiran di Indonesia

By Joko Utomo / Published on Monday, 19 Dec 2011

facebook-ipo

Nick Gibbon, Direktur Facebook untuk wilayah Asia Pasifik kemarin datang ke Indonesia untuk menghadiri acara So Me  Playground yang diadakan di Pantai Karnaval Ancol Jakarta.

Dia menyatakan jika Facebook memandang Indonesia sebagai wilayah yang punya potensial bagus untuk mengembangkan teknologi. Karena itulah Facebook akan terus membantu pengguna yang ada di Indonesia agar mereka mampu mengambil manfaat dari facebook dengan maksimal.

Melalui kabar yang dirilis Kompas dia juga berharap agar pemerintah Indonesia tidak melakukan pemblokiran seperti yang terjadi di India belum lama ini.

Pemerintah India memerintahkan kepada Facebook dan tiga pengelola sejenis yang lain agar mereka mau menutup konten yang dapat menimbulkan kritik pada mereka. Namun setelah melakukan diskusi akhirnya Pemerintah India menyatakan jika facebook bukan situs yang membahayakan pemerintah.

Menurut Nick Gibbon, facebook tidak mungkin dapat memberi batasan agar pengguna situs tidak menggunakan konten tertentu dalam layanan mereka. Karena pengguna memang punya hak  untuk melakukan itu semua.

Selama ini facebook tidak pernah melakukan intervensi pada aturan-aturan yang dibuat pemerintah dari masing-masing negara. Karena facebook berpendapat jika hal tersebut memang merupakan hak mereka.

Namun pada sisi yang lain facebook juga merasa perlu untuk menyediakan layanan yang membuat orang makin mudah saling berhubungan. Bila ada kritik terhadap pemerintah yang disampaikan melalui media sosial tersebut, secara tegas Facebook menyatakan bila masalah tersebut bukan merupakan wilayah mereka.

Selain mengungkapkan kegembiraan dan harapannya, dalam acara tersebut Nick Gibbon juga menyempatkan diri untuk menunjukan konten terbaru dari Facebook, yaitu geotagging pada fitur Timeline. Dengan menggunakan konten baru ini pengguna dapat memasukan foto atau video pada peta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda