Scroll to Top

Tiga Setengah Musim Terakhir, Barcelona 13 Gelar, Real Madrid Cuma 1 Copa Del Rey

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 19 Dec 2011

Tiga setengah musim dalam era Pep Guardiola, Barcelona hampir selalu meraup gelar di setiap kompetisi yang mereka jalani. Tercatat, sudah 13 gelar yang mereka raih dalam 16 ajang.

Barcelona

Pertama, mereka menyapu bersih 3 gelar Liga Spanyol dalam tiga musim berturut-turut. Hebatnya, Barcelona selalu menjuarai liga sebelum pekan terakhir atau pekan ke-38. Catatan mereka juga sangat impresif. Sepanjang 130 pertandingan, mereka cuma kalah 9 kali.

5 kekalahan terjadi pada musim 2008/2009. Sementara, musim 2009/2010, mereka cuma sekali kalah di Liga.

Musim lalu, cuma Hercules dan Real Sociedad yang bisa menekuk Carles Puyol dkk.

Musim ini, satu-satunya kekalahan diderita ketika bertamu ke Getafe dalam laga yang semestinya jika normal, dimenangi Barcelona.

3 gelar Liga ini dilanjutkan dengan 1 raihan Copa del Rey di musim pertama Pep. Dua musim berikutnya, Barcelona selalu sial. Musim 2009/2010, mereka kalah agresivitas gol tandang di semifinal oleh Sevilla.

Musim kemarin, giliran Real Madrid yang membekap El Barca 1-0 di final. Musim ini, Barcelona tengah berusaha melewati hadangan L’Hospitalet di babak 32 besar, pertengahan pekan ini.

Hebatnya, Barcelona juga melakukan sapu bersih Piala Super Spanyol. Tradisi dimulai pada tahun 2009. Melawan Athletic Bilbao, Blaugrana unggul agregat 5-1.

Musim berikutnya, Sevilla sempat mempecundangi mereka 3-1 di Ramon Sanchez Pijzuan. Namun, apa boleh buat. Di Camp Nou, tim Andalusia dihanguskan 4-0.

Terakhir, Real Madrid yang menjadi korban superioritas Barcelona. Dalam laga yang cukup imbang, Madrid takluk dengan agregat 4-5.

Di Eropa, Barcelona tak kalah garang. Liga Champions adalah sasaran empuk.

Mereka dua kali mempecundangi Manchester United di dua final berbeda. Musim 2008/2009, Messi “menghina” Edwin Van Der Sar dengan heading si pendek menghadapi si jangkung. Musim lalu, Setan Merah seperti anak TK menghadapi sarjana ketika dibekap 1-3 di Wembley.

Piala Super Eropa pun tak luput dari jarahan Barcelona. Shakhtar Donetsk dibekap 1-0 pada tahun 2009. Tahun ini, sembilan pemain Porto dilumat 2-0.

Barcelona 1

Dan yang terakhir, gelar terbaik planet ini juga menjadi milik Barcelona: Piala Dunia Antar Klub. Estudiantes adalah korban mereka tahun 2009. Dan kini, Santos yang memiliki Neymar, dibuat tak berdaya dengan skor 4-0.

13 gelar dari 16 kompetisi hanya dalam 3,5 tahun jelas merupakan rekor luar biasa bagi Barcelona. Apalagi, dalam keadaan demikian, rival abadi mereka, Real Madrid tertimpa musibah besar.

Superioritas Barcelona membuat Madrid sangat inferior dari segi gelar. Cuma gelar Copa del Rey musim lalu yang mengobati sakit hati Madrid ditelikung Barcelona berkali-kali.

13:1 sama sekali bukan perbandingan bagus. 13:1 menunjukkan dua hal berbeda. Yang pertama, kesuksesan pembinaan La Masia dan sepakbola indah yang tak berhenti diperagakan Barcelona. Yang kedua, kegelisahan Real Madrid meski memiliki top skorer tersubur sepanjang masa bernama Cristiano Ronaldo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda