Scroll to Top

ICANN Menyetujui Top Level Domain (TLD) Baru

By lelynoor / Published on Tuesday, 21 Jun 2011

Dewan Direksi ICANN hari ini memberikan persetujuan akhir menyangkut perubahan paling dramatis mengenai internet dalam empat dekade—yang memungkinkan perluasan baru Top Level Domains (TLDs). Keputusan monumental ini akan memungkinkan perusahaan dan organisasi untuk mengubah merek mereka sendiri ke dalam ekstensi domain internet (dot merek) atau untuk membuat string generik yang luas seperti dot CAR, dot SPORTS atau dot BANK. Rencana ekspansi TLD ICANN pertama kalinya terjadi pada tanggal 26 Juni 2008 pada pertemuan ICANN ke-32 di Paris. Pada pertemuan internasional ke-41 yang berlangsung di Singapura, para anggota dewan ICANN yang menyatakan setuju sejumlah 13, satu menolak, dan dua abstain.

“ICANN telah membuka sistem pengalamatan internet tanpa batas sebagaimana yang dibayangkan manusia. Tidak ada yang bisa memprediksi kemana keputusan bersejarah ini akan membawa kita,” kata Rod Beckstrom, Presiden dan Chief Executive Officer dari ICANN. “Keputusan hari ini akan mengantarkan pada era internet yang baru,” kata Peter Dengate Thrush, Ketua Dewan Direksi ICANN. “Kami telah menyediakan platform untuk kreatifitas dan inspirasi, dan sesuatu yang besar berikutnya adalah dot-hal.”

Hari ini ICANN dalam pengumuman resminya mengatakan bahwa mereka akan segera memulai kampanye global untuk memberitahu dunia tentang perubahan dramatis dalam nama internet dan untuk meningkatkan kesadaran terhadap peluang yang ditawarkan oleh gTLD baru. Aplikasi untuk gTLD baru akan diterima dari 12 Januari 2012 hingga 12 April 2012.

ICANN telah menunjukkan bahwa untuk mengantisipasi antara 300 dan 1.000 TLD baru bisa dibuat di bawah program baru, menyediakan alternatif bagi TLD yang ada seperti  dot com atau dot net.

Steve Crocker, anggota Dewan Direksi ICANN, dalam sambutannya mengatakan, “Banyak orang akan menulis hal-hal positif dan negatif, saya yakin. Saya berharap bahwa hal ini dipelajari di sekolah bisnis yang maju dan dianalisa dalam banyak hal. Kami akan melihat ke belakang serta mencoba untuk memahami hasilnya dan membandingkannya dengan apa yang kami harapkan. Saya pikir itu adalah proses yang sangat sehat. Namun setelah saya terlibat dalam serangkaian keputusan kunci sejak dari awal, saya sepenuhnya mengerti bahwa mencoba untuk mengerjakannya dengan tepat dan terutama mencoba untuk menahan segala sesuatunya agar bisa mendapatkan hal-hal tepat, adalah sesuatu yang salah untuk dilakukan. ”

Menurut Melbourne IT Digital Brand Services, 92% dari 150 organisasi yang telah menyatakan minatnya terhadap aplikasi Top Level Domain (TLD) menunjukkan bahwa pilihan yang lebih mereka sukai adalah nama merek inti mereka atau ‘dot merek’. (Sebagai contoh: Canon secara terbuka menyatakan bahwa mereka akan mengajukan nama ‘dot canon.’). Lebih lanjut, 11% menunjukkan bahwa mereka tertarik untuk mengajukan istilah generik sebagai TLD (misalnya nama generik bisa berupa dot bank, dot hotel dan sebagainya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda