Scroll to Top

Tahun 2011 Real Madrid Sudah Mencetak 119 Gol, Barcelona Cuma Terbobol 20 Kali

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 20 Dec 2011

Barcelona Real Madrid

Seandainya Liga Spanyol digulirkan pada Januari, bukan pertengahan tahun, ternyata ada hal menarik. Real Madrid memiliki poin yang lebih banyak sepanjang tahun 2011 ini. Ya, Los Blancos tercatat mendapatkan 91 angka dalam setahun terakhir. Sementara itu Barcelona cuma 90 angka.

Real Madrid Lebih Banyak Menang

Sama-sama bermain dalam 38 pertandingan —yang kebetulan setara dengan laga dalam semusim—, Real Madrid menang 29 kali. Persentase kemenangan tahun ini mencapai 76%.

Sementara itu, Barcelona cuma menang 27 kali. Persentase kemenangan mereka pun mentok di angka 71%.

Real Madrid Lebih Banyak Mencetak Gol

Keunggulan Real Madrid dari Barcelona sepanjang tahun 2011 juga bisa dilihat dari jumlah gol. Los Blancos mengemas 119 gol hanya dalam 38 pertandingan. Artinya, Cristiano Ronaldo dkk. mencetak minimal 3,13 gol dalam setiap pertandingan.

Sebaliknya, Barcelona cuma mengemas 93 gol. Reratanya hanya 2,4 gol per laga. Perbandingan yang cukup kontras dengan runner-up musim lalu dan pemuncak klasemen paruh musim.

Barcelona Cuma Dua Kali Kalah

Bicara perolehan angka dan gol, Los Blancos memang lebih efektif. Namun, bukan berarti Barcelona tidak tampil cemerlang. Dari segi kekalahan, sepanjang tahun 2011, cuma ada dua klub yang bisa menaklukkan mereka. Yaitu, Real Sociedad pada bulan April dan Getafe pada November lalu.

Sementara, Real Madrid sudah lima kali dipecundangi lawan. Hingga pertengahan awal tahun, ada tiga tim yang mampu merusak harmoni pasukan Jose Mourinho. Sementara, musim ini Levante dan Barcelona mampu membuat Los Blancos tak membawa angka. Levante menekuk mereka di Ciutat de Valencia, laga tandang. Sementara Barcelona menekuk Los Blancos di Santiago Bernabeu.

Pertahanan Barcelona Lebih Rapat

Dari segi kebobolan, kini giliran Barcelona lebih baik. Cuma 20 gol yang masuk ke gawang Victor Valdes  dalam 38 laga. Reratanya mencapai 0,55 gol/ laga.

Sebaliknya, Madrid terbobol 34 kali dalam 38 pertandingan. Reratanya hampir 2 kali lipat lebih buruk daripada Barcelona.

Kekuatan Cukup Berimbang

Dilihat dari segi produktivitas, Real Madrid lebih unggul. Sementara, dari segi efektivitas pertahanan, Barcelona lebih mumpuni. Dari segi poin, Real Madrid lebih banyak mendulang angka. Sementara, dari segi selisih gol, Barcelona unggul. Selisih gol Barcelona 79 sementara Real Madrid 70.

Mana yang menurut Anda lebih baik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda