Scroll to Top

Sinar Matahari Mampu Menghambat Penyebaran Cacar Air

By Ika / Published on Tuesday, 20 Dec 2011

Cacar air adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Penyakit ini memiliki gejala yang cukup mudah diketahui, mulai dari demam tinggi sampai timbulnya lenting atau benjolan kecil mirip jerawat berisi nanah di sekujur tubuh.

Cacar AirMenurut para ahli kesehatan, penyebaran penyakit cacar air ini bisa dihambat dengan cara sederhana, yaitu dengan paparan sinar matahari. Sebuah tim peneliti dari Universitas London menemukan fakta bahwa penyakit cacar air rupanya kurang umum di daerah dengan tingkat UV tinggi.

Sebagaimana dikutip Sidomi News dari BBC, para peneliti menjelaskan bahwa sinar ultraviolet tampaknya menonaktifkan virus pada kulit manusia. Namun semua itu didukung oleh faktor-faktor lain seperti suhu atau tingkat kelembaban udara.

“Belum ada yang menyadari bahwa UV menjadi faktornya,” kata Dr.Phil Rice saat menjelaskan mengapa di daerah panas/tropis jarang sekali orang yang tertular cacar air dengan mudah. “Tapi ketika saya melihat hasil studi epidemiologi, mereka menunjukkan korelasi yang baik antara lintang global dan keberadaan virus.”

Menurut para peneliti, temuan mereka hanya sebuah awal dan belum terbukti jelas apakah paparan sinar UV benar-benar bisa menghambat penyebaran cacar air, namun sudah bisa dipastikan bahwa sinar matahari/UV memang punya pengaruh tersendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda