Scroll to Top

Granada: Klub Promosi Dengan Lini Belakang Nyaris Setara Real Madrid

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 20 Dec 2011

Apa yang menarik dari Granada? Klub promosi ini baru mencetak 10 gol dalam 16 pertandingan, tersedikit di antara peserta Liga Spanyol. Bahkan, mereka kalah dari tim di zona degradasi, Racing Santander dengan 11 gol.

Granada

Namun, dari segi efektivitas skor, Granada adalah segalanya. Mereka sudah mencatatkan 5 kemenangan. Tak perduli hanya 1-0, nyatanya hal tersebut cukup membawa granda menjadi tim promosi terbaik di Primerea Division.

Satu hal lain, pertahanan rapat. Ya, tengoklah rekor kebobolan di antara tim-tim Liga Spanyol lain. Barcelona paling sedikit terkoyak gawangnya dengan 8 gol. Di bawah mereka, ada nama Real Madrid. Dengan komando Iker Casillas, Los Blancos terbobol 15 gol.

Di sela-sela duel duo klub penguasa tradisional Liga Spanyol itu, ada Valencia dengan terbobol 16 gol. Lalu, setara dengan sang peringkat tiga, bukanlah klub-klub yang namanya sering kita dengar. Melainkan Granada!

Klub ini cuma terbobol 16 gol dalam 16 pertandingan. Sebuah prestasi luar biasa untuk klub papan bawah Liga Spanyol yang biasanya dihantam banjir gol.

Hebatnya lagi, Granada sudah bertemu Barcelona dan Valencia, peringkat dua dan tiga. Dalam dua laga tersebut, tim promosi ini selalu kalah. Namun, setidaknya mereka cuma menderita kekalahan tipis dengan skor kembar 0-1.

Kejutan dari Siqueira

Menariknya lagi adalah daftar top skorer Granada. Pencetak gol terbanyak klub ini bukan para penyerang. Melainkan bek sayap bernama Guilherme Siqueira yang jumlah golnya 2.

Siqueira, pemain kelahiran Brazil, 18 April 1986, kontan menjadi pembicaraan banyak klub. Pemain ini sebenarnya berasal dari Udinese, yang suka memasok pemain-pemain “buangan”untuk ditempa di Granada. Setelah musim lalu berstatus pinjaman, kini Siqueira sudah dikontrak permanen.

Musim 2010/2011, ia sukses membawa Granada promosi dengan tampil 34 kali tanpa mencetak gol. Musim ini, posisinya di bek kiri membuat Granada memiliki salah satu pertahanan tertangguh plus mengantarnya sebagai top skorer klub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda