Scroll to Top

Lionel Messi Mencetak 15 Gol dalam 11 Laga Final Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 20 Dec 2011

Barcelona baru saja dinobatkan sebagai tim terbaik dunia. Santos, wakil Amerika Selatan, dibuat tak berdaya dengan kemenangan telak 4-0. Kehebatan Barcelona yang dideskripsikan sebagai tim dari planet lain, ternyata bertalian dengan ketangguhan Lionel Messi di partai final.

Lionel Messi 1

Ya, selama era Pep Guardiola, Messi selalu tampil dalam 11 laga final. Ia hanya tidak mencetak gol di Piala Super Eropa 2009 dan Copa del Rey tahun ini. Selebihnya, 9 pertandingan final selalu ditaklukkan Messi. Lebih luar biasa lagi karena dalam jumlah partai tersebut, Messi mampu mengemas 15 gol.

  • Tradisi Messi mencetak gol di final, dimulai pada Copa del Rey 2008/2009. Menghadapi Athletic Bilbao, Barcelona menang 4-1. Dalam laga tersebut, Pasukan Basque sempat unggul terlebih dahulu melalui Gaizka Tozquero di menit 8. Setelah Yaya Toure membobol gawang Gorka Iraizoz, Barcelona membutuhkan gol pembalik keadaan. Muncullah Messi dengan golnya di menit 55. Pertahanan Bilbao pun goyah. Hanya dalam 9 menit berselang, mereka dibobol dua kali lagi.
  • Tradisi berlanjut di final Liga Champions 2008/2009. Sebuah tandukan cukup memperdayai Edwin Van Der Sar dan membawa Barcelona unggul 2-0 sekaligus mengunci pertandingan.
  • Dalam Piala Super Spanyol tahun yang sama, Messi kembali mencetak gol di kandang sendiri. Setelah unggul 1-2 di San Mames, Barcelona mengatasi Athletic Bilbao 3-0 di Camp Nou. Kali ini Messi mengemas 2 gol.

Kegagalan pertama Messi di final terjadi pada Piala Super Eropa 2009. Menghadapi Shakhtar Donetsk, peraih Europa League 2009, Messi tidak mencetak sebiji gol pun. Barcelona menang berkat gol Pedro Rodriguez yang menyambar umpan Maradona baru dari Argentina.

  • Messi kembali mencetak gol di final Piala Dunia Antar Klub. Menghadapi Estudiantes,Barcelona nyaris kalah di 90 menit. Beruntung ada Pedro yang menyamakan kedudukan satu menit menjelang bubaran. Di babak perpanjangan waktu, Messi mencetak gol penentu kemenangan dengan dadanya.
  • Tahun 2010, Barcelona kembali tampil di Piala Super Spanyol. Menghadapi Sevilla, pemain cadangan Barcelona tumbang 1-3 di Ramon Sanchez Pijzuan. Di kandang sendiri, Messi tampil fantastis. Ia mencetak hattrick untuk kemenangan Barcelona 4-0. Dengan agregat 5-3, El Barca mengulang kesuksesan tahun lalu di ajang yang sama.

Messi sempat terhenti di final Piala Raja 2011. Bertarung dengan Real Madrid, Barcelona mesti menerima kenyataan pahit. Gol indah CR7 mengamankan tradisi Jose Mourinho selalu mendapatkan gelar di musim pertama menangani sebuah klub di tanah perantauan.

  • Messi kembali bangkit di final Liga Champions. Melawan tim yang sama dengan dua tahun sebelumnya, dengan kiper yang sama pula, Messi kembali sukses. Sebuah golnya cukup membawa Barcelona menang 3-1 atas Manchester United.
  • Kehebatan Messi di partai final berlanjut di Piala Super Spanyol tahun ini. 3 gol dicetaknya ke gawang Real Madrid. Satu di Santiago Bernabeu dan 2 gol di Camp Nou. Hasilnya, Barcelona menang agregat 5-4.
  • Di Piala Super Eropa 2011, Messi kembali unjuk gigi. Memanfaatkan kesalahan lini pertahanan lawan, ia mencetak gol pembuka Barcelona. El Barca akhirnya menang 2-0 berkat gol Cesc Fabregas di menit-menit akhir.
  • Terakhir, Santos menjadi saksi kepahlawanan Messi di sebuah partai final. Dua gol dicetaknya untuk kemenangan Barcelona 4-0. Blaugrana memenangi Piala Dunia Antar Klub sedangkan Messi tercatat sebagai pemain terbaik turnamen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda