Scroll to Top

Pirelli Berikan Ban Medium untuk GP Valencia

By Rheza Fadhlillah / Published on Tuesday, 21 Jun 2011

Pirelli, pemasok tunggal ban pada balap Formula Satu akan mensuplai ban bertipe medium dan lunak (soft) pada GP Valencia.

Sebelumnya ban bertipe keras (Hard) dan lunak sempat menjadi pilihan pada lima balapan awal. Setelah akhirnya ban betipe lunak dan sangat lunak (supersoft) menjadi primadona baru pada Balapan di Monako dan di Kanada.

Ban bertipe medium akan menjalani debutnya pada GP Valencia minggu ini setelah sebelumnya telah sukses dalam uji coba yang dilakukan di Kanada. Ban bertipe medium akan menjadi ban primer pada balapan nanti, sementara ban bertipe lunak akan menjadi ban opsional. Menurut Pirelli ban tipe medium tidak sekuat ban bertipe keras namun memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan dengan ban opsional.

Direktur olahraga bermotor Pirelli, Paul Hembery mengatakan bahwa intensitas penggunaan ban pada sirkuit Valencia akan sangat tinggi apabila dilihat dari jenis permukaan sirkuit dan suhu disekelilingnya yang berkategori hangat. Oleh sebab itu Pirelli telah mempersiapkan ban bertipe medium sebagai ban yang memiliki ketahanan yang baik.

Pirelli sempat gagal mengembangkan ban bertipe sangat keras (super hard) pada balapan lalu dan mendapatkan banyak kritik dari banyak pembalap. Mereka mengatakan ban tipe sangat keras membuat kendali mobil menjadi lebih sulit. Akankah debut ban medium mendapatkan sambutan baik dari para pembalap dan tim atau malah akan bernasib sama dengan ban bertipe sangat keras. GP Valencia lah yang akan memperlihatkan hasilnya nanti.

 

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda