Scroll to Top

Menyicip Teh Talua di Mojokerto

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 20 Dec 2011

Teh campur krimer, itu biasa. Teh dipadu lemon, juga sudah ada dari dulu. Nah, kalau di Mojokerto ada teh campur telur. Jadilah teh telur.

teh talua

Teh ini dipercaya mampu meningkatkan stamina. Terlepas dari benar tidaknya khasiat tersebut, peminat teh telur di warung milik Zaiunul selalu saja ada tiap harinya. Rasanya tidak murni telur. Karena, dalam meracik teh ini turut  ditambahkan susu, gula, dan jeruk nipis.Telur yang dipakai wajib telur ayam kampung. Tehnya “diimpor” dari Sumatra Barat.

Cara meraciknya gampang. Zaiunul menuturkan, pertama yang dimasukkan adalah kuning telur. Bagian putihnya dibuang. Selanjutnya, telur diaduk bersama gula hingga berujud seperti adonan. Lalu air panas dituang dan diakhiri dengan memasukkan teh dengan tetap diaduk hingga kental. Untuk menyamarkan rasa amis telur, perasan jeruk nipis ditambahkan. Teh telur panas pun siap disajikan.

Teh telur adalah minuman khas Padang Pariaman. Di tempat asalnya, teh ini disebut juga teh talua. Di Mojokerto, Jawa Timur, teh telur bisa Anda temui di rumah makan Zaiunul yang ada di Jalan Raden Wijaya. Seperti dikutip Liputan 6, segelas teh telur bisa diperoleh hanya dengan Rp 6 ribu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda