Scroll to Top

IBM Memprediksi Komputer Masa Depan Akan Menggunakan Kekuatan Pikiran

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 20 Dec 2011

Setelah IBM sebelumnya dengan memprediksi energi kinetik bisa menjadi sumber tenaga masa depan (dalam waktu 5 tahun kedepan), kali ini IBM melakukan prediksinya lagi, yaitu komputer dengan tenaga pikiran manusia.

IBM mind reading computer

Wow, terlihat sangat revolusioner prediksi ini, intinya, IBM memprediksi, dalam lima tahun kedepan, manusia akan mampu mengoperasikan komputer (dan mesin-mesin lainnya) cukup dengan pikiran. Tapi tentu saja hal yang dimaksud IBM bukan telepati.

Visi dari IBM adalah menggunakan teknologi BMI (brain-machine interface), dimana teknologi ini saat ini berguna untuk memberi terapi atau menyembuhkan pendengaran, penglihatan, dan syaraf gerak (fungsi motorik) seseorang, namun dari IBM, teknologi ini digunakan agar bisa mendeteksi bermacam-macam gelombang pikiran orang dan membuat komputer/mesin meresponnya secara khusus.

IBM sendiri mengatakan mereka sedang mengerjakan teknologi semacam ini agar orang-orang bisa menggunakan otak mereka untuk berinteraksi dengan perangkat elektronik sehari-hari, contohnya smartphone, atau PC. Lihat video dari IBM mengenai teknologi yang dimaksud:

Dalam prediksi IBM mengenai teknologi masa depan (selain komputer dikendalikan pikiran) adalah: password yang digantikan teknologi biometric scan (mesin absen dengan sidik jari adalah contoh terbaik dari biometric scan), sumber tenaga dari energi kinetik, semakin meluasnya teknologi mobile, dan spam yang dijadikan berguna bagi orang banyak.

Memang kelihatan keren dan menjanjikan semua, tapi yang paling penting adalah seberapa bisa IBM untuk memproduksi salah satu teknologi tersebut secara massal? (via Mashable)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda