Scroll to Top

Thailand Kebanjiran, Harga Harddisk Melambung Tinggi

By Febriano Arfiandi / Published on Wednesday, 21 Dec 2011

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak orang yang menggunakan harddisk eksternal sebagai media penyimpanan data yang praktis.

Selain bentuknya yang mungil dan ringan, harddisk eksternal juga mampu memuat data hingga hitungan Terrabytes. Kebanyakan harddisk yang dijual di pasaran Indonesia merupakan hasil produksi pabrikan Thailand.

Menyusul bencana banjir pada oktober silam di Thailand, kabarnya sektor industri harddisk mengalami penurunan produksi. Pasalnya, bencana banjir tersebut menghambat proses produksi sehingga tingkat pendistribusian di dunia pun menurun hingga 20% mulai november kemarin. Hal ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga kuartal pertama 2012 menurut laporan IDC.

Salah satu brand harddisk yang paling digemari di Indonesia adalah Western Digital atau biasa kita kenal dengan sebutan WD. Berdasarkan riset IDC, WD mengalami kerusakan paling parah pasca bencana banjir tersebut, hingga 75% sektor produksinya diberhentikan sementara.

Menurut Dynamite Data, beberapa situs penjualan harddisk online seperti Newegg.com dan Tigerdirect.com mengalami kenaikan harga hingga 50-150% pasca bencana banjir tersebut. Namun beberapa minggu terakhir ini dikabarkan harga harddisk mulai menurun. Berdasarkan prediksi IDC, kurangnya suplai harddisk ini akan mempengaruhi konsumen, produsen komputer, dan perusahaan penjualan barang-barang IT hingga 2013. Sanggupkah anda menunggu hingga 2013 untuk membeli harddisk yang baru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda