Scroll to Top

Isu Bulan Kembar Hanya Hoax, Planet Mars Akan Tetap Terlihat Kecil Selamanya

By C Novita / Published on Tuesday, 30 Aug 2016

ulan kembar

Meruaknya broadcast di media sosial tentang kemunculan ‘Bulan Kembar’ pada malam hari Senin (29/8/2016) sempat bikin netizen penasaran. Pada pesan yang banyak di-share itu, tertulis bahwa di malam tersebut penampakan Planet Mars akan sangat jelas terlihat dari Bumi.

“Fenomena Alam Bulan Kembar”. 29 Agustus 2016 akan ada dua rembulan. Seluruh dunia sedang menunggu kejadian ini. Pada malam itu, Planet Mars akan sangat cerah seperti rembulan dan semua orang bisa melihatnya dengan mata telanjang,” demikian sebagian isi pesan berantai tersebut.

Menurut pesan itu, begitu jelas dan dekatnya Planet Mars akan terlihat sebesar Bulan, sehingga di langit akan tampak seperti ada dua Bulan yang ukurannya kembar.

Benarkah hal tersebut? jika Anda menyempatkan melihat langit dan mengamati bulan serta Planet Mars tadi malam, maka terbukti bahwa broadcast tersebut tidak benar alias hoax.

Planet Mars tak akan pernah terlihat sebesar bulan selamanya, jika Anda mengamatinya dari Bumi. Ia akan tetap terlihat seperti setitik kerlip di atas langit apalagi jika Anda mengamatinya dengan mata telanjang tanpa bantuan teropong bintang.

Hal itu terjadi karena jauhnya jarak Mars dari Bumi yang lebih dari 75 juta km. Sedangkan jarak Bulan dengan Bumi adalah 196 kali lebih dekat dibanding jarak Mars dan Bumi.

Seorang astronom amatir Ma’rufin Sudibyo menjabarkan hal tersebut di laman Facebook pribadinya. Menurutnya, jika ingin Planet Mars tampak sebesar Bulan, maka jarak planet merah itu harus 751.000 kilometer dari Bumi. Dan itu bisa dikatakan mustahil terjadi dalam waktu dekat, kecuali terjadi kekacauan di alam ini.

 

 

Komentar Anda