Scroll to Top

Wow, Ada Bukit Coklat Di Filipina

By C Novita / Published on Thursday, 22 Dec 2011

bukit coklat filipina

Ada sebuah daerah di Propinsi Bohol, Filipina, dimana terdapat ribuan bukit kapur yang berjajar bak ribuan bakpao. Daerah seluas 50 km persegi itu bernama Chocolate Hills atau Bukit Coklat.

Tidak beda jauh dengan namanya, warna yang dominan terhampar dalam jangkauan mata pengunjung memang adalah warna coklat. Warna itu berasal dari rerumputan yang tumbuh hampir di semua gundukan bukit-bukit kecil tersebut.

Jika musim penghujan, rumput yang tumbuh dipermukaan bukit memang berwarna hijau. Namun jika musim kemarau, hampir semua rumput berubah warna menjadi coklat. Itu asal muasal nama daerah Chocolate Hills.

Ada 1.260 buah bukit kecil dan besar yang bertebaran di sana. Melalui kota Carmen, Batuan, dan Sagbayan yang terdapat di sekitar area Bukit coklat, pemandangan daerah ini dapat dinikmati. Namun para wisatawan paling suka melihat melalui kota Carmen.

Menurut ahli geologi, daerah bukit kapur ini telah terbentuk ribuan tahun lalu, dan telah melebur dan melapuk hingga menjadi hutan, dan juga terbentuk beberapa goa di sekitar datarannya. Juga terdapat aliran mata air karena adanya erosi dan hutan.

Seperti juga di Indonesia, maka masyarakat Bohol asli juga memiliki legenda berkaitan adanya bukit coklat ini. Menurut  dongeng, ada dua orang raksasa yang bertempur dan saling melempar batu, hingga batu-batu bekas pertempuran berserakan di daerah tersebut.

Jika Anda berencana wisata ke Bukit Coklat, maka di Kota Carmen mempunyai 2 buah resort yang khusus dibangun untuk menikmati keindahan Bukit Coklat. Berminat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda