Scroll to Top

Tidur, Cara Enak Bakar Lemak

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 21 Dec 2011

tidur-nyenyak

Tidur bukan hanya membuat badan lebih segar. Namun, dengan tidur pula, tubuh mampu bekerja menghancurkan lemak yang ada. Tidak percaya?

“Tidur sebenarnya dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak. Selama tidur, tubuh memetabolis karbohidrat secara efisien untuk digunakan sebagai sumber energi,” kata Christine Fee, seorang pakar kebugaran dan gaya hidup.

Hanya saja, tidur yang berguna untuk membakar lemak ini tidak dilakukan dengan asal. Anda perlu membawa jam tidur pada kualitas yang paling baik. Artinya, Anda memberikan hak tubuh beristirahat sesuai jam biologisnya dan menghindari kurang tidur.

Saat kurang tidur, hormon yang berurusan dengan metabolisme tubuh menjadi terganggu. Akibatnya, lemak tidak terbakar dan justru tersimpan lebih lama dalam tubuh. Sementara, kondisi kurang tidur menyebabkan meningkatnya nafsu makan. Situasi ini mendorong untuk makan dan makin bertambah pula kandungan lemak. Jadilah kemudian berat badan meningkat pesat.

“Semua bentuk olah raga seperti pilates, aerobik, latihan beban, atau apapun di dunia ini tidak menghasilkan dampak besar tanpa adanya kualitas tidur,” kata Fee.

Oleh karena itu, jangan remehkan waktu tidur Anda. Manfaatkan sebaik mungkin kualitas tidur Anda untuk memberikan metabolisme yang baik bagi tubuh. Enak bukan, kalau tubuh Anda tidak gendut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda