Scroll to Top

Stres Tidak Ada Untungnya Untuk Cegah Kanker

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 21 Dec 2011

stress

Mulai sekarang, kelola stres Anda agar tidak berujung makin depresi. Stres ibarat katalis yang bisa menurunkan kualitas kesehatan Anda. Selain meningkatkan hormon kortisol yang berpengaruh pada meningkatnya tekanan darah, stres juga memicu perkembangan sel abnormal yang bakal berubah menjadi kanker.

Ada hubungan antara kondisi psikologis dengan mudahnya penyebaran kanker. Menurut Dewi Yogo Pratomo, Koordinator Club Hypnosis Sehati (CHS), saat kondisi tubuh ngedrop, maka menurun pula kekebalan tubuh seseorang. Kekebalan juga menurun karena faktor kurang tidur akibat banyak masalah. Inilah kemudian yang membuat sel kanker leluasa untuk menginvasi sel sehat dalam tubuh dengan jangkauan yang lebih luas dan parah.

“Kanker mayoritas berkaitan dengan psikosomatis atau masalah-masalah mental. Jadi psikosomatis tersebut muncul karena kita sering sedih,” kata Dewi seperti dikutip Liputan 6. “Penderita kanker itu 67 persen didasari karena memiliki masalah-masalah psikosomatis,” lanjutnya.

Oleh karena itu, sangat penting menjaga ketenangan hati dan mengelola stres. Apalagi, ketika seseorang mengalami stres, bukan hanya berurusan dengan kanker saja. Menurut Dewi, stres dan shock juga membuat produksi kolesterol jahat meningkat. Ini berbahaya bagi kesehatan jantung dan memicu terjadinya stroke akibat penyumbatan pembuluh darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda