Scroll to Top

Tes IVA dan Pap Smear Ditanggung BPJS Kesehatan, Ayo Ikut

By C Novita / Published on Tuesday, 20 Sep 2016

bpjs kesehatan

Kaum wanita di tanah air saat ini dapat melakukan tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan pap smear yang biayanya telah ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Kedua tes tersebut sangat bermanfaat untuk wanita terutama yang telah melakukan hubungan intim, sebagai deteksi dini kanker serviks dan masalah organ reproduksi wanita lainnya.

Akan tetapi terbatasnya informasi masih jadi kendala bagi kaum wanita sehingga mereka belum mau atau masih ragu menjalani tes tersebut. Bahkan Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris juga menyebut bahwa kendala utama yang menghalangi adalah rasa takut.

“Setelah kita sampaikan tes IVA ini penting, ada beberapa hal yang diperhatikan wanita seperti harus ada izin suami juga tiga hari tidak boleh berhubungan seksual,” jelas Fachmi.

Apalagi saat menyaksikan alat tes IVA dan pap smear yang agak menakutkan, mereka bisa mundur walau telah datang ke lokasi pemeriksaan, tambah Fachmi saat menjelaskan.

Alat tes IVA dan teknologi yang saat ini telah digunakan oleh paramedis dan bidan yang kompeten, sebenarnya sudah memadai. Dengan melakukan tes tersebut gejala awal kanker serviks dapat segera terdeteksi dan ditangani dini mungkin.

Teknologi IVA juga bisa mendeteksi lesi (luka) pra kanker di leher rahim, jadi tindakan awal segera dapat dilakukan. Nah, tunggu apalagi, ayo kaum hawa segera periksakan diri Anda di Puskesmas terdekat atau rumah sakit dan bidan. Mumpung biayanya ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

 

Komentar Anda