Scroll to Top

Kulit Pecah-Pecah Jadi Jalan Masuk Kuman

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 22 Dec 2011

kulit kering

Anda punya kulit kering dan cenderung pecah? Sebaiknya segera atasi masalah ini. Kulit yang pecah tersebut akan mempermudah masuknya berbagai jenis kuman ke dalam tubuh Anda. Pertahanan tubuh Anda bisa terserang dari luka kecil di kulit ini.

Masalah kulit sebenarnya umum dialami oleh orang banyak. Bisa jadi penyebabnya bukan karena kuman, tetapi faktor eksternal lainnya. Seperti tidak kuat dengan sabun, mandi air panas, alergi dengan bahan pakaian, dan sebagainya. Namun, kulit kering juga muncul seiring dengan terjangkitnya penyakit pada tubuh. Misalnya diabetes, psoriasis, hipotiroidisme, dan gizi buruk. Kalau dari faktor internal, kulit kering juga bisa diakibatkan pengaruh genetika.

Jalan terbaik untuk mengatasi kulit kering adalah mencari penyebabnya utamanya. Dengan begitu, Anda dapat mengantisipasi sendiri hal yang perlu dihindari untuk mencegah keringnya kulit dan membuatnya senantiasa sehat.

“Kulit sehat adalah pertahanan utama tubuh terhadap infeksi,” kata Barney Kenet, MD, seorang dermatolog dari New York Presbyterian Hospital and Weill Cornell Medical Center.

Selain itu, Anda perlu mengenali jenis kulit Anda, apakah berminyak, normal, sensitif, atau kering. Kulit yang dikatakan sehat memiliki lapisan tipis zat lemak. Lapisan ini menjaga kulit Anda terlihat lentur dan terasa lembut. Pastinya, apa pun jenisnya, jaga selalu kelembaban kulit Anda agar tidak kering.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda