Scroll to Top

Agar Bayi Tak Lahir Prematur, Ini Vitamin yang Harus Dikonsumsi

By C Novita / Published on Sunday, 25 Sep 2016

ibu hamil

Ada beberapa penyebab bayi yang sedang di kandung ibu bisa lahir sebelum cukup bulannya, atau disebut prematur. Salah satu adalah karena kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin.

Hal itu wajar, sebab tubuh ibu yang sedang hamil tentu butuh lebih banyak energi, nutrisi dan vitamin. Jika asupan makanan bergizi yang dikonsumsi ibu tak bertambah, maka jelas itu membuat janin kurang nutrisi. Dalam kasus ekstrim, janin bisa tumbuh cacat bahkan meninggal.

Dilansir laman The Health Site, vitamin atau nutrisi yang banyak dibutuhkan ibu hamil antara lain adalah kalsium, vitamin D, zat besi serta asam folat. Selain itu, beberapa hal lain adalah seperti di bawah ini:

Zink

Zat ini penting untuk dicukupi karena sangat dibutuhkan untuk replikasi sel tubuh janin. Jika kekurangan zink maka ia dapat menyebabkan keguguran di awal bulan kehamilan. Ibu dapat memperolehnya dalam daging, jamur, biji labu, kacang mede, dan kacang-kacangan lain.

Protein

Nutrisi ini juga penting untuk pertumbuhan janin, sehingga harus selalu tercukupi. Ia bisa diperoleh dari telur, daging, ayam, ikan, dan susu.

Yodium

Zat ini pun sering diremehkan kehadirannya, walau perannya penting untuk pertumbuhan janin. Jika kurang, maka terjadi ketidak seimbangan hormon tiroid yang memicu kelainan janin. Anda bisa peroleh dari garam beryodium, kacang-kacangan, juga rumput alut dan ikan. Semoga bermanfaat.

Komentar Anda