Scroll to Top

Google Birthday di Doodle Hari Ini, Rayakan Ultah ‘Misterius’ Google

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 27 Sep 2016

 

Google Birthday di Doodle Hari Ini, Rayakan Ultah 'Misterius' Google 2 Tema ‘Google Birthday‘ ditampilkan di google doodle hari ini untuk merayakan ulang tahun ke-18 mesin pencarian raksasa tersebut. Jika Anda membuka halaman utama google hari ini, akan tampak animasi khas ultah yang dipenuhi pernik topi kerucut, balon, dan confetti untuk mengenang peristiwa 27 September 1998. Tanggal tersebut menjadi tanggal yang dipilih oleh Larry Page dan Sergey Brin, pendiri Google. Tapi uniknya, tanggal ulang tahun Google belum tentu tepat 27 September. Bagaimana bisa?

Di halaman utama Google hari ini pada Selasa, 27 September 2016, Anda akan menemukan animasi unik, karakter berbentuk G yang memakai topi kerucut, turun dari langit, lantas meniup balon hijau, dan merangkainya untuk membentuk tulisan GOOGLE. Animasi sederhana, tetapi berkesan. Karena, tepat pada hari ini, sudah 18 tahun Google berdiri. Setidaknya itu yang diyakini oleh kebanyakan orang.

Pasalnya, tidak ada tanggal yang benar-benar pasti untuk ulang tahun Google. Jika melihat dari pendaftaran Google sebagai perusahaan, maka hal itu terjadi pada 4 September 1998 lalu. Artinya, andai mengacu pada pendaftaran tersebut, maka harusnya tanggal 4 September lalu, kita sudah merayakan ulang tahun ke-18 Google.

Google Birthday di Doodle Hari Ini, Rayakan Ultah 'Misterius' Google

Tapi ada versi lain. Pasalnya Google merayakan hari ulang tahun mereka di tanggal berbeda. Pada tahun 2003, ultah Google dirayakan pada 8 September. Selang setahun, perayaan hari jadi itu digeser sehari lebih awal pada 7 September. Ini bukan ‘tanggal perayaan yang final’ karena pada 2005, giliran 26 September yang ditetapkan sebagai hari ultah Google.

Perayaan ultah Google setiap 27 September sendiri baru terjadi pada 2006, dan bertahan hingga saat ini, 12 tahun sejak saat itu. Artinya, terdapat empat tanggal yang diyakini sebagai hari ultah Google, dan tidak ada satu pun yang merujuk pada tanggal 4 September, ketika Google didaftarkan sebagai perusahaan.

Tak boleh dilupakan, apakah Google berulang tahun ke-18 pada tahun ini atau tidak, juga masih serba misteri. Pasalnya, ide pembuatan Google, dikutip dari Kompas, sudah mulai dikerjakan pada 1996, atau 20 tahun lalu.

Jadi, apakah Google berulangtahun pada 4, 7, 8, 26, atau 27 September setiap tahunnya? Dan berapakah usia Google saat ini? Semuanya menjadi pertanyaan yang bahkan belum bisa dijawab oleh Google.

Komentar Anda